Plt. Bupati Tinjau Panen Padi Siganteng

(Analisa/sarman a nasution) Panen Padi: Plt Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution memanen padi Siganteng di Desa Huraba Kecamatan Siabu Madina.

Panyabungan,  Plt Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution meninjau panen padi Siganteng di Desa Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, Jumat (22/8).

“Alhamdulillah panen padi masyarakat meningkat dari panen sebelumnya,” kata Kabag Humasy Pemkab Mandailing Natal Marwan Fauzi Batubara, kepada Analisa, Rabu (27/8) di ruang kerjanya.

Marwan mengatakan, Bupati meninjau panen padi Siganteng di Desa Huraba tersebut karena ingin melihat langsung bagaimana padi yang dibibitkan masyarakat secara alami tersebut.

“Bupati mendengar kabar ada padi yang ditemukan dan diberi nama para petani di Desa Huraba, sehingga dia hendak melihatnya secara langsung bagaimana hasil panen masyarakat memakai bibit yang ditemukan secara alami masyarakat tersebut,” katanya.

Hasilnya, padi yang diberikan masyarakat padi Siganteng tersebut ternyata mampu melebihi hasil panen secara nasional. Hasil panen secara nasional hanya menghasilkan sekitar 7,5 hingga 8 ton per hektar. “Berdasarkan laporan masyarakat padi Siganteng dapat menghasilkan 9-10 ton per hektar,” ujar Marwan.

Mudah-mudahan dengan ditemukan masyarakat petani di Desa Huraba tersebut dapat mengangkat perekonomian masyarakat para petani di Desa Huraba pada khususnya dan masyarakat petani di Kabupaten Mandailing Natal pada umumnya. (man)

/Analisa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  168 Anak Meriahkan HAN dan Harganas

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*