Plt. Gubernur Sumut Jangan Sibuk Bangun Citra

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho diminta tidak hanya sibuk membangunan citra, tetapi harus lebih melakukan karya nyata demi kebaikan daerah di masa datang.

“Peltu (plaksana tugas, red) Gubernur harusnya lebih menunjukkan kinerja secara nyata dan tidak hanya sibuk membangun citra,” ujar Penasihat Fraksi PDI perjuangan DPRDSU H Eddi Rangkuti kepada wartawan di kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (30/6).

Ia menunjuk pemberitaan yang menyebutkan Plt Gubsu melakukan penggerebekan dengan dibantu aparat TNI di lokasi ilegal logging di kawasan pegunungan Bukit Barisan, tepatnya di koridor hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Jika memang lebih peduli dengan kondisi kehutanan di Sumut, menurut Eddi Rangkuti, semestinya Plt Gubernur Sumut mengkomandoi upaya penangkapan terhadap para perambah dan pelaku pengalihfungsian hutan lindung menjadi lahan perkebunan.

“Kalau Plt Gubernur benar-benar peduli dengan kondisi hutan di Sumut, seharusnya dia berjuang untuk mengembalikan hutan yang telah beralih fungsi menjadi lahan perkebunan, tidak hanya sekadar menggerebek ilegal loging,” katanya.

Menurut Eddi Rangkuti yang juga Ketua Komisi C DPRD Sumut itu, penertiban dan penggerebekan praktik ilegal loging sesungguhnya cukup dilakukan Polisi Kehutanan (Polhut) dan aparat kepolisian setempat.

“Tidak perlu Peltu Gubernur turun tangan secara langsung karena terkesan hanya untuk gagah-gagahan, karena tugas seperti itu bisa diselesaikan Polhut atau kepolisian setingkat Polsek. Lebih miris lagi, Peltu Gubsu masih sempat-sempatnya berpose dengan pakaian ala tentara, sehingga kesan membangun citra semakin terasa,” katanya.

Baca Juga :  PSC: Rekanan Wajib Pasang Plang Proye

Karena itu, ia berharap Plt Gubernur menunjukkan karya yang lebih besar dengan memimpin upaya menyelamatkan hutan Sumut yang dewasa ini sudah rusak parah. “Kembalikan hutan yang telah jadi kebun sawit, tangkap oknum perambah dan pelaku alih fungsi hutan. Jika Gatot ingin selamatkan hutan Sumut, itu yang harus dilakukannya, bukan sekadar menggerebek ilegal logging untuk gagah-gagahan,” tegasnya.

Masyarakat Sumut, menurut politisi senior PDI perjuangan itu, sangat menantikan tindakan nyata dan kepedulian dari Plt Gubernur. “Kalau benar-benar peduli, coba kembalikan hutan-hutan register yang telah jadi kebun seperti di Madina, Tapsel, Simalungun dan Langkat. Itu bari karya nyata besar,” katanya. (afr/ www.tribun-medan.com)

Penulis : Adol Frian Rumaijuk
Editor : Sofyan Akbar
Sumber : Tribun Medan
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*