Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah

IMG20151128123207 Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah Palas, Plt. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir. H. Tengku Erry Nuradi, SE, M.Si,  resmikan Gudang Benih dan Lantai Jemur yang merupakan kegiatan seribu desa mandiri benih, acara peresmian berada di desa Sayur Mahitcat, kec.Barumun Selatan, kab. Padang Lawas (Palas), sabtu (28/11/2015). Saat  kedatangan Gubsu pada Kunjungan Kerja (kungker) sampai di lokasi acara disambut dengan adat budaya daerah.

Pada kesempatan itu, plt. Gubsu, menyatakan. ‘Dalam upaya mengwujudkan ketahanan pangan, dewasa ini kita dihadapkan kepada tantangan yang cukup berat. salah satu tantangan saat ini yang menonjol adalah semakin berkurangnya luas lahan pertanian terutama sawah akibat praktek ali fungsi lahan pertanian ke non pertanian yang cukup marak.

20151128 133743 Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah Akhir-akhir ini, lahan pertanian yang subur mengalami ancaman yang cukup serius untuk dikonversi ke peruntukan lain seperti industri, pemukiman dan lain sebagainya, semua akibat angapan rendahnya kualitas benih padi yang menyebabkan priduksi padi petani stagnon bahkan menurun.

Upaya yang telah kita lakukan untuk meningkatkan produksi antara lain peningkatan produktivitas melalui berbagai inovasi teknologi seperti penggunaan varitas ubggul Hybruda, pemupukan berimbang, pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) dan penerapan teknologi terkini dalam budaya dan lain sebagainya.

Gubsu menambahkan, ‘dari hasil data yang telah diliris oleh BPS Provinsi Sumatera Utara dapat dilihat perkembangan capaian produksi lima tahun terakhir yaitu :
Thn. 2010 Luas panen (Ha)754,674. provitas(kw/Ha) 47,47 produksi (ton)3,582,302.
Thn. 2011 Luas panen (Ha) 757,547 provitas(kw/Ha) 47,62 produksi (ton) 3,607,403.
Thn. 2012 Luas panen (Ha) 765,099 provitas(kw/Ha) 48,56 produksi (ton) 3,715,514
Thn.2013 Luas panen (Ha) 742,968 provitas(kw/Ha) 50,17 produksi (ton) 3,727,249
Thn.2014 Luas panen (Ha) 717,318  provitas(kw/Ha) 50,62 produksi (ton) 3,631,039.Haram II
Thn.2015 Luas panen (Ha) 753,996 provitas(kw/Ha) 51,26 produksi (ton) 3,864,803.’
papar plt.gubsu.

plt Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, SE, M.Si bersama sang istri Evi Diana terlihat senyum saat disambut dengan adat budaya daerah,  dalam uapacara penyambutan, bupati Palas, H.Ali Sutan Harahap, memberikan ulos (kain) kepada plt Gubsu, hal serupa juga dilakukan ibu bupati, memberikan ulos kepada istri plt Gubsu. upacara penyanbutan mengulosi itu, biasa dilakukan pada tamu-tamu terhormat.

Kepala desa Sayur Mahitcat, Alfin Kamil Lubis, saat dijumpai menyatakan, ‘atasnama desa kami sangat berterimakasih sebesar-besarnya kepada Gubsu dan juga bupati Palas, begitu juga kedis pertanian Prosu bersama dengan kadis pertanian kab. Palas, atas kepercayaan yang telah diberikan kami dimana desa ini menjadi tempat yang dikunjungin Gubsu dalam acara peresmian Gudang beni dan lantai jemur yang merupakan bantuan pemerintah. Hal ini akan menjadi kebangaan bagi Masyarakat desa Sayur Mahincat khususnya umumnya Masyarakat kab Palas.’ kata kades.

terlihat pelaksanaan tugas kadis pertanian provsu,  Aspan Sopyan Batubara ikut dalam rombongan gubsu.  Hadir  pada acara itu para pimpinan SKPD kab.Palas, Dandim, tokoh adat, ulama OKP, Lsm dan lainya.


(Iwan Lubis)

This content is 2 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
SHARE : facebook Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah google Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah twitter Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah linkedin Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah email Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah print Plt. Gubsu di Palas Resmikan Gudang Benih, Disambut adat Budaya Daerah

1 Comment

  1. Data BPS itu produksi apanya…????
    Semoga dengan adanya gudang benih di Padang Lawas dapat memenuhi semua benih yang dibutuhkan masyarakat Palas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*