Plt Gubsu Tunjuk Sahtoat Jadi Plh Bupati Tapsel

Tapsel. Pelaksana Tugas (Plt) Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi mengangkat Sekda Tapanuli Selatan (Tapsel), Drs H Sahtoat Pohan sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati Tapanuli Selatan. Belum diketahui berapa lama jabatan pelaksana harian menjalankan pemerintahan daerah Tapsel.

“Terkait Plt Bupati Tapsel nantinya, itu kembali kepada Plt Gubsu kapan SK Plt Bupati turun” jawab Sahtoat singkat menjawab wartawan, Kamis (13/8).

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Kantor Bupati Tapsel lama, di Jalan Kenanga Kota P.Sidimpuan, Jumat (14/8) menjelaskan, pengisian jabatan Kdh Tapsel (Plh) Sahtoat tersebut sesuai isi radiogram Plt Gubsu nomor surat 130/7111, tertanggal 12 Agustus 2015.

Radiogram ini ada juga ditembuskan kepada Mendagri, Bupati Tapsel dan Ketua DPRD Tapsel. Dalam surat Dirjen Otda Nomor T.131.12/2387/OTDA tanggal 10 Agustus 2015 ditandatangani Dr Sumarsono MDM.

Berdasarkan Kepmendagri Nomor, 131.12-268 Tahun 2010 dan Nomor.132.12-269 Tanggal 14 Juni 2013, H Syahrul M Pasaribu dan Aldinz Rapolo Siregar disahkan pengangkatannya sebagai bupati dan wakil bupati Tapsel masa jabatan Tahun 2010-2015, dan berakhir pada tanggal 12 Agustus 2015.

“Jadi sejak berakhirnya masa jabatan tersebut, tidak boleh ada kekosongan, sehingga diangkatlah Sahtoat sebagai pelaksana harian sekaligus merangkap Plt sekda Kabupaten Tapanuli Selatan,” kata Kabag Humasy Pemkab Tapsel Anwar Efendi Simanungkalit.

Berdasarkan ketentuan pasal 131 ayat (4) PP No 49 Tahun 2008 dinyatakan bahwa dalam hal kekosongan jabatan Kdh dan Wakil Kdh, Sekda melaksanakan tugas sehari Kdh.

Baca Juga :  DPRD Setujui PAPBD P. Sidimpuan TA 2013

“Untuk menghindari kekosongan jabatan pimpinan penyelenggaraan Pemkab Tapsel, Plt Gubsu meminta Plt Sekda Tapsel untuk melaksanakan tugas sehari Bupati Tapsel sejak bupati dan wakil bupati berakhir masa jabatannya,” katanya.

Plh Sahtoat Pohan mengatakan, dalam melaksanakan tugasnya, hanya bersifat rutin, sedangkan kebijakan yang bersifat strategis dilaksanakan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dan melaporkannya kepada wagubsu selaku Plt gubsu, serta mempertanggungjawabkannya kepada Plt Gubsu.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*