PM Najib: Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang Sengaja Dialihkan

(AP/Wong Maye-E) MEMBERIKAN KETERANGAN: PM Malaysia Najib Razak, (tengah), Menteri Transportasi Malaysia Hishamuddin Hussein (kiri) dan direktur jenderal Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahmad pada Sabtu (15/3) memberikan keterangan pers kepada media terkait pesawat MH370 Malaysia Airlines yang hilang.

Kuala Lumpur, (Analisa). Para penyelidik meyakini bahwa seseorang di atas pesawat maskapai penerbangan Malaysia yang hilang telah secara sengaja mematikan sistem komunikasi dan pelacakan, memutar arah perjalanan pesawat tersebut dan menerbangkannya selama hampir tujuh jam setelah pesawat itu menghilang, kata Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada Sabtu (15/3).

Di saat pencarian Penerbangan MH370 beserta 239 penumpang dan awaknya memasuki pekan kedua, Najib mengatakan dalam jumpa pers bahwa perburuan rongsokan pesawat di seputar jalur terbang terjadwal di Malaysia timur dihentikan.

“Kendati ada laporan media yang mengatakan bahwa pesawat itu dibajak, saya menjelaskan, kami masih menyelidiki semua kemungkinan tentang apa yang membuat MH370 menyimpang,” kata Najib.

Nasib pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines dililit misteri sejak hilang di perairan timur Malaysia kurang dari satu jam setelah memulai penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret.

Namun, para penyelidik telah meningkatkan perhatian mereka terhadap kemungkinan bahwa pesawat itu diterbangkan keluar jalur oleh salah satu pilot atau orang lainnya yang berada di pesawat –yang memiliki pengetahuan menerbangkan pesawat serta mengemudikan pesawat komersial besar.

Baca Juga :  Sinanggar Tulo Mahasiswa IMATAPSEL Yogyakarta di UIN Sunan Kalijaga

Najib mengatakan data baru menunjukkan bahwa komunikasi terakhir antara pesawat hilang itu dengan satelit terjadi pada pukul 8.11 pagi waktu Malaysia.

Itu berarti hampir tujuh jam setelah pesawat tersebut hilang dari layar pengendali lalu lintas udara sipil pada pukul 1.22 pagi pada Sabtu pekan lalu, kurang dari satu jam setelah lepas landas. Pesawat sedang terbang menyeberangi pinggiran Teluk Thailand di sebelah timur Malaysia menuju Vietnam.

Najib mengatakan data satelit memastikan bahwa pesawat yang tidak terindentifikasi, yang kemudian muncul di radar militer di perairan barat Malaysia sebelum keluar dari jangkauan radar pada pukul 2.15 pagi, adalah penerbangan MH370. (Ant/Rtr/AP/es)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*