PMI Paluta Gelar Workshop HIV/AIDS

Paluta, Ratusan peserta mengikuti peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) yang dikemas dalam sebuah workshop dan diskusi tentang bahaya HIV/AIDS, yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kamis (4/12) di Aula Kantor Bupati Paluta.

Workshop yang diikuti oleh perwakilan siswa/i SMA sederajat se Paluta, tokoh pemuda Paluta, beberapa Kepala Desa, elemen mahasiswa, LSM, OKP, pers dan undangan lainnya, dibuka oleh Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap diwakili Asisten I Setdakab Paluta Amas Muda Hasibuan, dihadiri ketua komisi A DPRD Paluta Gusman Efendi Siregar SP, Kajari Gunung Tua diwakili Kasi Intel Hendra Dalimunthe, pengurus Dewan Mesjid Indonesia Paluta Riki Siregar, pengurus MUI Paluta H Mulkan Siregar.

Workshop tentang bahaya HIV/AIDS ini mengangkat tema tentang cegah dan lindungi diri, keluarga, masyarakat dari bahaya HIV dan AIDS dalam rangka perlindungan HAM sesuai dengan tema dari peringatan Hari AIDS Sedunia.

Asisten I Setdakab Paluta Amas Muda Hasibuan saat membuka acara menyampaikan, Pemkab Paluta menyambut baik kegiatan workshop tentang bahaya HIV/AIDS yang dilaksanakan PMI Paluta ini karena seiring dengan program Bupati Paluta yakni mencegah HIV/AIDS dan peredaran narkoba yang menjadi salah satu penyebab penularan HIV/AIDS.

Selain itu, HIV dan AIDS adalah persoalan bersama dan harus di upayakan dari semua unsur baik pemerintah dan swasta dan unsur-unsur lain peduli AIDS, hal ini di lakukan untuk memberikan pandangan sekaligus pemahaman terutama kepada generasi muda penerus bangsa tentang bahayanya HIV dan AIDS serta solusi apa yang kita lakukan untuk penanggulangan dan pencegahan terhadap HIV dan AIDS mulai dari dini. Ketua komisi A DPRD Paluta Gusman Efendi Siregar SP juga sangat mendukung sepenuhnya acara workshop ini karena pelaksanaan seminar ini sangat bermanfaat sebagai upaya perfentif mengantisipasi potensi penyebab HIV/AIDS yang penyebarannya semakin memprihatinkan.

Baca Juga :  Madrid Ingin Rekrut Lagi Van Nistelrooy

Gusman juga berjanji akan mengusahakan peningkatan dana anggaran bagi PMI Paluta kedepannya demi peningkatan kinerja pengurus. Terpisah, Ketua PMI Paluta H Ishak Harahap didampingi Ketua Panitia Tohong P Harahap mengatakan workshop tentang bahaya HIV/AIDS ini bertujuan untuk menyampaikan informasi dan menanggulangi penyebaran dari penyakit ini.

Selain itu, kata Ishak, harapan dengan acara PMI ini Pemda Paluta segera membentuk Komisi Penanggulangan AIDS dan Badan Narkotika Nasional di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Bertindak sebagai narasumber dr Elly Rikayanti yang merupakan dokter di RSUD Paluta dan Emmi Sari Pohan Mkes. Usai pembukaan, asisten I Setdakab Paluta Amas Muda Hasibuan, ketua komisi A DPRD Paluta Gusman Efendi Siregar SP, Kasi Intel Kejari Gunung Tua Hendra Dalimunthe, pengurus MUI Paluta H Mulkan Siregar, pengurus DMI Paluta Riki Siregar, Ketua PMI Paluta H Ishak Harahap dan seluruh peserta workshop membubuhkan tanda tangan di kain putih sebagai bentuk dukungan untuk kampanye terhadap pencegahan penularan penyakit HIV/AIDS di Paluta. (ong)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*