Polemik Lahan di Kebun Sosa 1 – PTPN IV Duduk Satu Ruangan dengan Masyarakat

Manajemen PTPN IV Kebun Sosa 1 tetap komit membangun plasma perkebunan sawit untuk masyarakat 17 desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas (Palas).

Wujud komitmen itu akan direalisasikan bila Pemkab Palas melalui Bupati Basyrah Lubis menerbitkan surat pernyataan yang menjamin ketersediaan lahan untuk itu.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara pihak PTPN IV Kebun Sosa 1 dengan masyarakat 17 desa yang difasilitasi Pemkab Padanglawas di aula SMPN II Sosa, Selasa (18/1).

Pertemuan itu dihadiri Bupati Palas Basyrah Lubis, Ketua DPRD HM Rido Harahap dan sejumlah anggota DPRD lainnya, Kepala Bagian Hukum dan Pertanahan PTPN IV Abdul Wahid Rambe, Manajer PTPN IV Kebun Sosa 1 Syafii Batubara, Muspida dan ratusan warga.

Pembayaran kompensasi atas lahan masyarakat juga tetap akan dibayarkan dengan syarat ada peraturan hukum yang menyatakan pembayaran tersebut tidak menyalahi dan harus dengan pertimbangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Namun masyarakat menolak dengan alasan PTPN IV tidak akan mampu memenuhi pembangunan plasma seluas 2 ha per KK untuk masyarakat 17 desa itu.

Malah mereka meminta agar PTPN IV mengganti pembangunan plasma dalam bentuk dana, dengan perincian pembelian tanah sendiri ditambah biaya penanaman dan perawatan sawit.

Untuk penyelesaian permintaan ini, masyarakat memberikan batas waktu hingga 18 April mendatang. Dalam tenggat waktu ini PTPN IV Kebun Sosa menghentikan kegiatan di Afdeling I, II dan III.

Baca Juga :  Pasca gempa Madina, sekolah tak berfungsi

Menjawab tuntutan warga, Manajer PTPN IV Kebun Sosa Syafii Batubara mengatakan kewenangannya terbatas. Untuk hal urgen seperti itu harus berkoordinasi dengan pihak direksi di Medan.

Catatan Global, pertemuan ini digelar untuk menindaklanjuti aksi masyarakat pada Senin (17/1) kemarin. Demo itu merupakan aksi lanjutan sejak November 2010 lalu.

Sementara akibat aksi ini, praktis aktivitas di Afdeling I, II, dan III Kebun Sosa tidak berjalan hingga kemarin.

Kapolres Tapsel AKBP Subandriya SH MH melalui Kabag Ops KomPol HJ Siregar yang ditemui Global di lokasi mengatakan, untuk pengamanan lokasi kebun PTPN IV Sosa I, pihaknya menurunkan 40 personel. (harian-global.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*