Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kasus Pembakaran Rumah Ibadah di Barumun

338037420 b740ce3bf4 Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kasus Pembakaran Rumah Ibadah di Barumun
Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kasus Pembakaran Rumah Ibadah di Barumun

Medan (SIB)
Polres Tapsel kini masih mengusut kasus pembakaran rumah ibadah milik HKBP dan GPdI yang terjadi di Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Jumat (22/1) lalu. Namun, karena kondisinya belum kondusif kendati sudah terkendali, pihak kepolisian belum menetapkan tersangka pelaku pembakaran tempat ibadah tersebut.

“Kita lihat dulu situasinya, baru setelah itu kita tingkatkan kasusnya ke penyidikan,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Drs Baharudin Djafar kepada wartawan di Medan , Senin (1/2).

Diakatakan, pihak kepolisian telah mengidentifikasi oknum yang bakal diperiksa untuk dimintai pertanggungjawaban terkait insiden tersebut. “Kita sudah periksa beberapa saksi, antara lain pemilik rumah yang dijadikan tempat ibadah, namun sejauh itu belum ada ditetapkan yang menjadi tersangka,” katanya.

Sejauh ini, petugas Polres Tapsel diback-up Polda Sumut masih melakukan pengamanan secara intensif di tempat kejadian perkara (TKP), guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Masih, pengamanan masih kita lakukan,” ucap Baharudin kepada waratwan.
Menurut Baharudin, tempat ibadah itu dibakar oleh massa karena dianggap tidak memenuhi persyaratan. Pada tahun 1982 lalu, rumah tempat ibadah itu sudah diprotes, namun tetap digunakan dan pada tahun 1992, pemilik rumah itu berjanji tidak akan melanjutkan pembangunannya lagi. Bahkan, pada 15 Januari lalu, pemiliknya berjanji akan menutup membongkar sendiri tempat ibadah tersebut karena diprotes, namun tidak dilakukan. Karena itu, massa geram dan melakukan aksi pembakaran, katanya.

Baca Juga :  Ancelotti: Arsenal Mangsa Drogba

Kendati demikian, lanjut Kabid Humas, karena massa main hakim sendiri maka pihak kepolisian memproses perusakan yang terjadi. Tetapi kondisi di sana belum kondusif. ”Kita menunggu situasi coolingdown dulu,” katanya.(Pr2)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*