Polisi Gerebek Illegal Loging Tapsel

MEDAN – Setelah beroperasi cukup lama melakukan pembalakan liar lahan Hak Guna Usaha (HGU) di Desa Ampolu, Kecamatan Muara Batang Toru, Tapanuli Selatan (Tapsel), akhirnya aktifitas pembalakan liar yang dilakukan PT Maju Indo Raya (MIR) dan PT Samukti Karya Lestari (SKL) digerebek Tim Khusus (Timsus) Illegal Loging Polda Sumut, Kamis (17/11/2011) pagi.

Penindakan itu berawal dari informasi sejumlah masyarakat dikawasan itu yang resah karena hutannya semakin hari semakin gundul. Menerima informasi itu, Tim Sus Illegal Loging Polda Sumut berangkat ke lokasi.
Disana, petugas menemukan pembalakan yang dilakukan PT MIR dan PT SKL.

Petugas kemudian menanyakan surat Izin Penebangan Hutan (IPK), pengelola kemudian hanya bisa memperlihatkan IPK yang sudah mati.

Kabag Ops Polda Sumut, Kombes Iwan Harry Sugiarto membenarkan penggerebekan yang dilakukan anggotanya. “Ya, tim sedang kerja di lapangan. Saya sedang di Polresta Medan ada ungkap kasus 139 curanmor,” ujar Iwan saat dihubungi wartawan via telepon, Kamis (17/11/2011) sore.

Iwan menjelaskan, penggerebekan dilakukan karena IPK kedua perusahaan tersebut sudah mati.

“IPK-nya sudah mati, itu sudah salah total dan harus ditindak,” tegasnya, sembari menyebutkan laporan yang ia terima pembalakan sudah terjadi dilahan seluas 5000 hektar.

Iwan mengaku belum mengetahui siapa pemilik kedua perusahaan itu. Namun, menurutnya tim masih bekerja di lapangan untuk membongkar siapa dalang dibalik pembalakan liar itu. “Saya nggak tahu pemiliknya, saya nggak pernah ketemu sama dia,” akunya.

Baca Juga :  Jalur Panyabungan -Natal pulih

Ditanya soal keterlibatan Bupati Tapsel dan pemanggilannya, Iwan mengaku pihaknya belum sampai kepada pemanggilan. “Nanti dulu lah, kita masih selidiki. Belum lah,” ujarnya.

Timsus yang dikirim ke Tapsel berjumlah 12 orang. Tim ini bentukan Kapolda Sumut Irjen Wisjnu Amat Sastro yang terdiri dari 6 orang dari Dit Krimsus dan 6 orang dari Brimobda Sumut.

“Tim ini baru dibentuk awal November lalu, dibentuk bersamaan dengan Timsus Judi, berada dibawah Kabag Ops,” sebutnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Raden Heru Prakoso mengaku belum mengumpulkan data terkait itu. Dirinya sedang menuju dijalan untuk meninjau langsung ke Tapsel.

“Saya masih di perjalanan. Nanti kalau ada datanya segera saya kabari,” ujar Heru, tadi siang. Namun, hingga malam ini data itu tak kunjung diterima www.tribun-medan.com. (fer/tribun-medan.com)

Penulis : Feriansyah
Editor : Sofyan Akbar
Sumber : Tribun Medan
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. di simaninggir lebih parah lagi pembalakan liar. no pak polisi ….simaninggir angkola barat dan marancar. kalau mau benar benar menghambat pembalakan liar, jangan mengalihkan isu. atau main spekulan.

  2. Panggil dan periksa yang memberi Ijin terhadap perusahaan tsb untuk diperiksa dan dimintai keterangan, supaya clear and clean…!!! Jangan hanya suam-suam kuku dan hanya sekedar mengisi data perkara illegal logging di Poldasu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*