Polisi Kawal Soal UN 24 Jam Dititipkan di Sub Rayon Sekolah

www.metrosiantar.com

Aparat kepolisian dari Polresta Psp mengawal pendistribusian naskah soal UN dan LJK ke masing-masing sub rayon di Disdik Psp, Jumat (19/3)

SIDIMPUAN-METRO; Dinas Pendidikan (Disdik) Padangsidimpuan (Psp) telah menerima 34.379 lembar naskah soal Ujian Nasional (UN) dan lembar jawaban komputer (LJK), Jumat (19/3) siang. Soal itu langsung didistribusikan dan diinapkan di sub rayon masing-masing sekolah dengan pengawalan dua personel Polresta Psp pada siang dan malam hari di setiap sekolahnya.

Demikian dikatakan Kepala Disdik Drs Panongonan Muda Hasibuan didampingi Kabid Dikmen Juta Lubis dan Kasi SMA Mahlil kepada METRO, Jumat (19/3) di sela-sela pendistribusian naskah soal UN dan LJK kepada 10 sub rayon sekolah untuk kemudian dibagikan kepada sekolah-sekolah pada saat pelaksanaan. Pelaksanaan UN untuk tingkat SMA, MA dan SMK se-Psp dilaksanakan mulai Senin-Jumat (22-26/3) mendatang.

“Soal UN dan LJK ini nantinya setelah didistribusikan akan diinapkan selama semalam di sub rayon masing-masing sekolah. Yakni di SMKN 1 dan SMKN 2, MAN 1 dan MAN 2, serta SMAN 1-6 dengan tetap dikawal oleh dua orang petugas Polresta Psp siang dan malam,” katanya.

Diutarakannya, jumlah peserta UN tahun 2010, yakni untuk SMA dan MA sebanyak 3.181 siswa, dan SMK 2.028 siswa, dengan jumlah total 5.209 siswa. Sedangkan ruangan yang digunakan sebanyak 295 ruangan, atau per ruangannya diisi sebanyak 20 siswa dengan diawasi 2 orang pengawas yang akan diambil dari guru-guru dengan sistem silang. Kemudian juga akan diawasi oleh 25 pengawas independen bekerja sama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan akan diawasi dua personel Poresta Psp di setiap sekolahnya. Untuk mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN nantinya, untuk SMA jurusan IPA yakni, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika. Sedangkan untuk jurusan IPS yakni, Ekomoni, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi dan Sosiologi. Untuk SMK mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan uji praktik.

Lebih lanjut dikatakannya, bagi siswa yang terlambat hadir 20 menit setelah dimulainya pelaksanaan UN, masih bisa masuk ruangan untuk mengikuti UN.

Sedangkan bagi yang tidak hadir, asalkan menunjukkan surat keterangan alasan ketidakhadirannya, bisa mengikuti UN susulan. Sedangkan bagi siswa yang gagal bisa mengikuti UN ulangan.

Kabag, Kasat dan

Perwira Dilibatkan

Sementara itu Kapolresta Psp AKBP Roni Bahctiar Arief melalui Kabag Bina Mitra Kompol Darwin Daulay kepada METRO, Jumat (19/3) mengatakan, pihaknya menugaskan 2 personelnya di tiap sekolah tempat lokasi UN digelar.

“Semua perwira baik Kabag, Kasat dan lainnya dilibatkan dalam mengawasi UN ini, yakni 2 personel untuk tiap sekolah. Tapi nantinya bisa saja satu perwira pengawas mengawasi 3 atau 5 sekolah,” ujar Darwin Daulay.

Diutarakan Darwin, pembagian personel untuk menjaga keamanan pelaksanaan UN sudah dilakukan usai apel pagi Jumat (19/3). Sementara untuk pengawalan naskah ujian dan LJK, Polresta Psp menugaskan 4 sampai 6 personel dengan 1 perwira yang bergantian secara rutin. “Kalau penyimpanan naskah ujian dan LJK itu diserahkan ke Pemko. Yang pasti kita siap mengawal dan menjaganya,” pungkasnya.

6.066 Peserta UN se-Madina

Jumlah peserta UN SMA, MA dan SMK negeri dan swaata di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sebanyak 6.066 siswa. Rinciannya untuk SMA dan MA sebanyak 4.634 peserta, dan SMK 1.382 peserta.

Demikian dikatakan Kabid Dikmenum Disdik Madina, Ikhwan SPd kepada METRO, Jumat (19/3). Dijelaskan Ikhwan, naskah soal dan LJK yang dibawa Disdik Pemprovsu sampai ke Kantor Disdik Madina pada pukul 16.30 WIB dengan pengawalan dua orang personil dari Poldasu dan 6 personel dari Polres Madina.

“Naskah soal dan jumlah LJK sebanyak 69 kotak yang disimpan di aula kantor Disdik lama tepatnya di Pasar Lama, Panyabungan atau di samping kantor Polsek Panyabungan,” ujarnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan UN yakni Senin-Jumat (22-26/3) dimulai pada pukul 08.00 WIB. Untuk satu mata pelajaran diberikan waktu untuk siswa selama 120 menit atau 2 jam. (phn/neo/mag-02)Di Paluta, Soal UN Dititip di Mapolsek

Dinas Pendidikan, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menitipkan materi atau soal ujian nasional (UN) SMA/SMK ke markas kepolisian sektor (Mapolsek) terdekat guna keamanan, sebelum kemudian didistribusikan ke masing-masing sekolah.

Baca Juga :  KAKAN KEMENAG KABUPATEN PADANG LAWAS PEMBINA UPACARA HARI GURU DI PONPES GUNUNG SELAMAT

“Untuk mencegah terjadinya kebocoran soal dan faktor keamanan, materi UN SMA/SMK dititipkan di Polsek maupun pos polisi (pospol) terdekat. Naskah dijemput sesaat sebelum UN. Sekolah hanya boleh mengambil saat hari pelaksanaan UN tiba. Pengambilan juga harus disertai pengawalan polisi guna menjaga kerahasiaan naskah. Demikian pula sebaliknya seusai UN, lembar jawaban dititipkan kembali ke kantor polisi. Insya Allah secara teknis sudah tak ada masalah,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ujian SMA/SMK Paluta Drs Bahrain Siregar kepada METRO, di Kantor Dinas Dikbudpora Paluta, Jumat (19/3).

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi kecurangan, panitia melibatkan pemantau independen dari perguruan tinggi Universitas Negeri Medan (Unimed).

Ditambahkan Bahrain, peserta UN SMA/SMK di Paluta sebanyak 1.099 orang, dan tersebar di 13 sekolah. Sistem pengawasan dilakukan dengan silang murni antarsekolah. “Setiap ruangan dijaga dua pengawas, sedang pemantau independen yang akan memantau jalannya UN di Paluta berjumlah 34 orang. Intinya, Dinas Dikbudpora sudah siap menyelenggarakan UN pada Senin (19/3) mendatang,” ujarnya. Bahrain mengimbau kepada pihak yang akan terlibat dengan penyelenggaraan UN, untuk mendekatkan diri pada Tuhan, agar yang mengikuti UN tersebut memperoleh hasil yang memuaskan.

SMKN 1 Sipirok Bersiap

Pelaksanaan UN pada sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) sudah di ambang mata. Berbagai upaya dalam persiapan menghadapi UN bagi siswa kelas XII tersebut, sudah dilakukan baik dari pihak Pemkab melalui Dinas Pendidikan, maupun pihak sekolah, serta orangtua dan siswa sendiri.

“Pada UN yang dilaksanakan empat hari, SMKN 1 Sipirok akan menyertakan 245 siswa-siswinya. Jumlah ini terdiri dari 106 siswa dan 139 siswi. Sesuai tahapan persiapan yang sudah dilaksanakan, tiga bulan terakhir siswa-siswi yang akan mengikuti UN secara prosedur sudah siap, namun semuanya berpulang pada hasil pelaksanaan nantinya,” kata Kepala SMKN 1 Sipirok Drs Alpian Hutauruk MPd kepada METRO, Jumat (19/3).

Kasek akan

Jemput Naskah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) telah menerima naskah soal Ujian Nasional UN) dan lembar jawaban komputer tahun pelajaran 2009/2010, Jumat (19/3). UN untuk Kabupaten Tapsel akan dilaksanakan Senin-Jumat (22-26/3).

“Kita telah menerima naskah soal UN SMA, SMK dan MA sekitar pukul 10.30 WIB. Jadi kita berharap agar UN nantinya bisa berjalan lancar. Dan kepada para tenaga pengawas agar bekerjalah dengan profesional,” kata Kepala Disdik Tapsel Drs H Marasaud kepada METRO, Jumat (19/3).

Ditambahkan Marasaud, langkah selanjutnya, pihaknya mendistribusikan naskah soal UN tersebut ke seluruh sekolah penyelenggara UN di Tapsel.

“Jadi hari ini (kemarin, red) juga kita akan mendistribusikan naskah soal UN ke seluruh sekolah penyelenggara UN, dengan kata lain naskah soal UN tidak sempat bermalam di sini (Disdik, red). Kepala sekolah masing-masing penyelenggara UN yang akan langsung menjemput naskah setelah diserahterimakan kepada Kapolres Tapsel tentang pengamanan soal tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid SMA Disdik, Ishak Marbun kepada METRO, Jumat (19/3) menjelaskan, jumlah peserta yang akan mengikuti UN untuk Tapsel sebanyak 1.765 siswa untuk tingkat SMA dari 12 sekolah. Kemudian 662 siswa untuk SMK dari 5 sekolah, dan 885 siswa untuk tingkat MA dari 16 sekolah, dengan total 3.312 siswa yang sudah ditetapkan Disdik Tapsel sebagai penyelenggara UN.

Terkait tenaga pengawas ruangan sesuai dengan keputusan, Ishak menyebutkan, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 277 orang. Sedangkan untuk tenaga pengawas sekolah untuk tingkat SMA dan MA akan diawasi tim dari perguruan tinggi Niversitas Negeri Medan (Unimed). Untuk tingkat SMK diawasi tim independen dari perguruan tinggi UMTS. Disdik sendiri dalam hal ini bertugas melakukan monitoring secara keseluruhan pelaksanaan UN di Tapsel.

Lebih lanjut dikatakan Ishak, naskah soal UN yang diterima sesuai dengan jumlah ruang ujian. Di mana satu ruangan diisi 20 siswa peserta, dan soal cadangan untuk menjaga apabila ada kekurangan atau kerusakan soal lainnya. Sementara untuk naskah soal dan LJK yang diterima masing-masing sebanyak 19.872 lembar kemudian ditambah cadangan sebanyak 10 persen menjadi 21.859 lembar.

Adapun jadwal UN SMA/MA Tahun Pelajaran 2009/2010, untuk UN utama di hari pertama Senin (22/3) yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Jurusan IPA yang diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, jurusan IPS diujikan Bahasa Indonesia, jurusan Bahasa diujikan Bahasa Indonesia, jurusan Keagamaan diujikan Bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Pria Telanjang Dada Tewas Tersengat Listrik

Jadwal kedua UN Utama dimulai pukul 11.00 sampai pukul 13.00 WIB. Jurusan IPA yang diujikan Biologi, jurusan IPS diujikan Sosiologi, jurusan Bahasa diujikan Sejarah Budaya/Antropologi, jurusan Keagamaan, Fikih.

Sedangkan UN susulan hari pertama pelaksanaannya Senin (29/3) yang dimulai pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB, mata pelajaran yang diujikan jurusan IPA, Bahasa Indonesia, jurusan IPS, Bahasa Indonesia, jurusan Bahasa diujikan Bahasa Indonesia, dan jurusan Keagamaan, Bahasa Indonesia. Jadwal kedua UN susulan dimulai pukul 11.00 sampai pukul 13.00 WIB, jurusan IPA yang diujikan Biologi, jurusan IPS, Sosiologi, jurusan Bahasa, Sejarah Budaya/Antropologi, dan jurusan Keagamaan, Fikih.

Di hari kedua UN Utama, Selasa (23/3) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, mata pelajaran yang diujikan untuk jurusan IPA, jurusan IPS, Bahasa Inggris, jurusan Bahasa, Bahasa Inggris, jurusan Keagamaan, Bahasa Inggris. Hari kedua UN susulan pelaksanaannya Selasa (30/3) pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB yang diujikan untuk jurusan IPA, Bahasa Inggris, jurusan IPS, Bahasa Inggris, jurusan Bahasa, Bahasa Inggris, jurusan Keagamaan, Bahasa Inggris. Di hari ketiga UN utama, Rabu (24/3) pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB, mata pelajaran yang diujikan untuk jurusan IPA, Matematika, jurusan IPS, Matematika, jurusan Bahasa, Matematika, jurusan Keagamaan, Matematika. Sedangkan dihari ketiga UN susulan pelaksanaannya Rabu (31/3) yang diujikan untuk jurusan IPA, Matematika, jurusan IPS, Matematika, jurusan Bahasa, Matematika, jurusan Keagamaan, Matematika.

Di hari keempat UN utama, Kamis (25/3) yang diujikan untuk jurusan IPA, Fisika, jurusan IPS, Geografi, jurusan Bahasa, Sastra Indonesia, dan jurusan Keagamaan, Ilmu Hadis. Hari keempat UN susulan, pelaksanaannya Kamis (1/4) yang diujikan untuk jurusan IPA, Fisika, jurusan IPS, Geografi, jurusan Bahasa, Sastra Indonesia, dan jurusan Keagamaan, Ilmu Hadis.

Di hari kelima UN utama, Jumat (26/3) yang diujikan untuk jurusan IPA, Kimia, jurusan IPS, Ekonomi, jurusan Bahasa, Bahasa Asing, dan jurusan Kegamaan, Ilmu Tafsir. Sedangkan di hari kelima UN susulan, pelaksanaannya Jumat (2/4) yang diujikan untuk jurusan IPA, Kimia, jurusan IPS, Ekonomi, jurusan Bahasa, Bahasa Asing dan Jurusan Keagamaan, Ilmu Tafsir. Adapun jadwal ujian untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk UN utama mulai Senin (22/3) pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB, mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, sedangkan untuk UN susulan akan dilaksanakan Senin (29/3) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, mata pelajaran yang akan diujikan Bahasa Indonesia. Di hari kedua UN utama, Selasa (23/3) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, mata pelajaran yang akan diujikan Bahasa Inggris, sedangkan untuk UN susulan akan dilaksanakan Selasa (30/3) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB \yang diujikan Bahasa Inggris.

Di hari ketiga UN utama, Rabu (24/3) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, yang diujikan mata pelajaran Matematika, sedangkan untuk UN susulan akan dilaksanakan Rabu (31/3) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB mata pelajaran yang diujikan Matematika.

Hari keempat UN utama, Kamis (25/3) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, mata pelajaran yang diujikan Teori Kejuruan sedangkan untuk UN susulan akan dilaksanakan Kamis (1/4) pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, mata pelajaran yang diujikan Teori Kejuruan. (thg/ran/mag-01)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*