Polisi Khusus Kejahatan Internet dari Polda Metro Jaya

Tentunya ada yang pernah mengalami ketika membuka sebuah situs ternyata situs itu diblokir oleh polisi. Wah hebat sekali ya ternyata Polisi kita selalu aktif memantau kegiatan ber-internet kita.

Polda Metro Jaya memiliki Satuan Cyber Crime yang menjadi bagian dari Direktorat Reserse dan Kriminal yang dibentuk berdasarkan keputusan Kapolri No Pol : 54/X/2002 tanggal 17 Oktober 2002.

Tugas dan fungsi satuan Polisi Internet ini adalah (sesuai keputusan Kapolri No Pol: 54/X/2002 tanggal 17 Oktober 2002) adalah:

1). Penyidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan Transaksi elektronik.( Carding, Money laundering, Pasar Modal, Pajak, Perbankan, Dll).

2). Penyidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan tehnologi komunikasi dan Informasi ( Penyadapan Telphon, Penyalahgunaan Voip, Penipuan Melalui Tlp Genggam)

3). Penyelidikan kejahatan yang menggunakan Fasilitas Internet (Cyber Gambling, Cyber terrorism,Cyber Fraud Cyber sex, Cyber Narcotism, Cyber Smuggling, Cyber attacks on critical infrastructure, Cyber Balckmail, Cyber Threatening, pencurian data, pencemaran nama baik, dll ).

4). Penyidikan Kejahatan Komputer ( Masuk ke System secara Ilegal, Ddos attack, Hacking,Tracking, Phreacing, Membuat dan menyebarkan yang bersifat merusak) < Malicous Code al viruses, Worm, Rabbits,Trojan, dll

5). Penyidikan kejahatan yang berhubungan dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual < HAKI> ( Pirated Software, rekaman Suara, Merubah tampilan Website )

Kalo anda punya situs, baik itu situs pribadi ataupun situs jejaring sosial, berlakulah bijak dan berhati-hati dalam memuat materi atau foto kedalamnya. Polisi cyber selalu memantau kegiatan berinternet kita. (tempointeraktif.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  10 Cara Untuk Meningkatkan Sinyal WiFi

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*