Polisi telusuri money laundering Adelin Lis, Sang Pembalak Hutan Mandailing Natal (Madina)

MEDAN – Adelin Lis, mafia pembalak hutan Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara masih terus diburu Mabes Polri, yang bekerjasama dengan interpol.

Perburuan dilakukan karena bos PT Keang Nam Development Indonesia (KNDI) dan PT Inanta Timber itu, tidak hanya melakukan kejahatan kehutanan, tapi juga diduga melakukan pencucian uang (money laundering).

Wakil Kepala Polisi Daerah Sumut, Brigadir Jenderal Polisi Syafruddin, mengaku dugaan kasus money laundering Adelin Lis hingga kini masih dikembangkan penyidikannya.

“Memang belum ada temuannya, tapi ada dugaannya. Karena itu, kita masih terus mengembangkan penyelidikannya,” katanya, tadi malam.

Diterangkan, kasus money laundering di Sumut, rata-rata didominasi kasus perbankan dengan jumlah empat kasus. Diantaranya, kasus penggelapan uang yang dilakukan KS yang laporan polisinya dibuat tanggal 21 Februari 2010, dengan jumlah tersangka 14 orang.

Kemudian kasus mengelabui uang nasabah Standard Chartered yang dilakukan berinisial S dan kawan-kawan. S sampai kini masih buron dan ditetapkan sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang) Polda Sumut. Berikutnya kasus tindak pidana pengucuran kredit oleh berinisial P kepada CV Bahagia di Komplek Asia Mega Mas. “Pelapor sudah mencabut pengaduannya. Sementara tersangkanya sudah melarikan diri,” terangnya.

Terkait tindak lanjut 24 Laporan Hasil Analisa (LHA) dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kepada Polda Sumut yang belum ditindaklanjuti, Syafruddin mengaku masih perlu mempelajari materinya.

Baca Juga :  Gubsu Setuju Anggota DPRD Tapsel Diperiksa

24 LHA PPATK kepada Polda Sumut itu diketahui dari penuturan, Azamul Fadly Noor. Menurut Azamul, sampai 2010, sudah 24 LHA PPATK disampaikan ke Polda Sumut.

Namun tindaklanjutnya kurang maksimal. Dia mengaku tindaklanjut yang belum maksimal itu, bukan karena Polda Sumut kurang serius, tapi karena kendala yang dihadapi belum bisa terpecahkan.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=117123:polisi-telusuri-money-laundering-adelin-lis-&catid=14:medan&Itemid=27

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*