Polres dan Kejari Sidimpuan Musnahkan Narkoba

(Analisa/hairul iman hasibuan) Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik S.IK, M. Si bersama Kasipidum Kejari Sabiin dan Kadis Kesehatan Pemko Sidimpuan drg Doria Hafni Lubis tengah melakukan pembakaran BB narkotika dilapangan bola voli Mapolres setempat, Senin (17/10).

P. Sidimpuan, (Analisa). Polres dan Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan memusnahkan barang bukti (BB) narkoba jenis ganja dan sabu-sabu di lapangan bola voli Mapolres, Senin (17/10).

Acara pemusnahan ditandai pembakaran BB oleh Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik SIK MSi bersama Kasipidum Kejari Sabiin dan Kadis Kesehatan Pemko Sidimpuan drg Doria Hafni Lubis.

Kasat Narkoba Polres P. Sidimpuan AKP A Sihombing dalam laporannya mengatakan, pemusnahan narkotika golongan I ini berdasarkan pasal 7 ayat (1) huruf j, pasal 11, pasal 38,pasal 39,pasal 45 ayat (4) KUHP.

Undang-undang No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, pasal 75 huruf K, pasal 91 ayat 1 hingga 5 UU nomor 35 tahun 2009 tentang nerkotika. Laporan Polisi : LP/371/VI/2011 psp tanggal 25 juni 2011, LP/452/VIII/2011 psp tanggal 22 agustus 2011, LP/519/IX/2011 paps tanggal 28 September. Surat penetapan penyitaan nomor 552,609,638 tahun 2011.

Surat ketetapan status barang sitaan narkotika serta surat izin pemusnahan dari ketua Pengadilan Negeri (PN) Padangsidimpuan Nomor 06,05 dan 07 tahun 2011.

Adapun BB yang dimusnahkan tersebut berupa, shabu-shabu seberat 70,32 gram disita dari tersangka MDS pada 25 Juni 2011 lalu.

Shabu-shabu seberat 128 ,75 gram dari tersangka MML pada 28 September 2011 lalu serta 13.881,68 gram ganja kering dari tersangka LB dan SBL pada Senin 22 Agustus 2011.

“Untuk kepentingan pembuktian tiap jenis, ukuran, bentuk BB atau benda sitaan yang akan dimusnahkan telah disisihkan sebahagian kecil sesuai berita acara penyisihan barang bukti, “terangnya.

Baca Juga :  DPRD Sumut : PT Agincourt Tidak Arif Sikapi Protes, Wajar Warga Marah

Kasipidum Sabiin dalam laporannya mengungkapkan, dalam pemusnahan BB ini pihak Kejari Sidimpuan menyerahkan BB narkotika jenis ganja kering seberat 351.818,27 gram yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik S.IK mengatakan, BB yang disisihkan untuk dimusnahkan tersebut mengacu pada ketetapan undang-undang yang bertujuan menghindari kecurigaan.

“Dalam pemusnahan BB ini, pihak Kejari Sidimpuan juga turut serta menyerahkan BB nya untuk sama-sama dimusnahkan,” katanya.

Diharapkannya, seluruh elemen masyarakat dapat turut serta bergabung dengan pihak kepolisian untuk memerangi peredaran narkoba yang semakin meningkat di Kota P. Sidimpuan sebagaimana data kasus yang dapat diungkap pihak kepolisian.

Bekuk

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengungkapkan jika pihaknya membekuk dua pemakai ganja yang masih berstatus pelajar SMA masing-masing ISH (18) warga Jalan Sidangkal Kelurahan Sidangkal Kecamatan P. Sidimpuan Selatan dan AAP (18) warga Jalan Sudirman Kecamatan P. Sidimpuan Utara Kota P. Sidimpuan.

“Dari tangan kedua tersangka turut diamankan dua bungkus kertas berisi ganja seberat 3,80 gram. Satu unit sepeda motor yamaha Mio tanpa plat polisi dan satu unit hand phone merk nokia warna hitam,” terangnya.

Kedua tersangka ditangkap personil satuan lantas Polres P. Sidimpuan saat menggelar razia di depan rumah dinas Walikota Sidimpuan. “Saat itu, tiga pelajar berpakaian seragam sekolah melintas melawan arah di depan rumah dinas walikota. Melihat itu personil lantas langsung menghentikan laju kendaraan yang ditumpangi ketiganya. Saat dihentikan satu orang dari mereka berhasil melarikan diri sembari membuang BB. Takut dua lainnya kabur, personil lantas tersebut langusng membekuk tersangka lainnya dan mengamankan BB ganja yang dibuang dekat TKP, “katanya.

Baca Juga :  Longsor Timbun Rumah di Silayang-layang

Atas perbuatannya kata Kapolres, kedua tersangka dikenai pasal 111 (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dan pasal 127(1) huruf a UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika. (hih)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*