Polres Tapsel Gelar Apel Besar Masyarakat Cinta Tertib Lalulintas Usia Dini di Sibuhuan

Padangsidimpuan, (www.analisadaily.com)

Illustrasi (www.3.bp.blogspot.com)

Dalam rangka untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga keselamatan saat berkendara dan mensosialisasikan sosialisasi UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas, Polres Tapsel menggelar Apel Cinta Tertib Lalulintas Usia Dini.

Apel yang dikuti sejumlah Sekolah TK, dari Kabupaten Padang Lawas dan Padang Lawas Utara di pusatkan di lapangan Merdeka, Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, Minggu (25/4).

Selaku Pembina Upacara Kapolres Tapsel AKBP Subandrya SH, MH, mengatakan semua pihak memiliki peran dan tanggungjawab untuk menanamkan rasa cinta dan tertib berlalulintas, khususnya pada anak usia dini, sehingga setelah anak tersebut dewasa akan lebih memahami betapa pentingnya tertib dan disiplin dalam berlalulintas.

Pada kegiatan apel tersebut, diisini dengan pembacaan ikrar tertib lalulintas, pengaturan penjagaan dan patroli (punjawali), pemberian bunga tertib lalulintas oleh anak TK Bhayangkari dan TK lainnya kepada pengendara kemudian diikuti oleh Kapolres Tapsel, Bupati Padang Lawas Basyrah Lubis,SH, Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas , tokoh masyarakat dan pejabat lainnya.

Pada kegiatan Apel Besar Masyarakat Cinta Tertib Lalulintas Usia Dini tersebut, juga diisi dengan berbagai kegiatan yakni, perlombaan mewarnai, baca puisi yang bertemakan tertib lalulintas, tarian tarian kreasi daertah oleh TK Bhayangkari dan TK Pembina Barumun , Fashion Show, pemasangan pin dan BROS berlogo tertib lalulintas lepada anak sekolah TK oleh Kapolres Tapsel AKBP Subandriya, SH,MH.

Baca Juga :  Komisi I Padang Lawas Utara Minta Kadis Dikbudpora Tindak AR

Contoh Bagi Orang Dewasa

Usai kegiatan Apel, Kasat Lantas Polres Tapsel AKP J Tarigan, lepada wartawan mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjadikan contoh bagi orang dewasa agar lebih tertib dan patuh dalam berlalulintas di jalan raya. Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat memiliki pola hidup cinta berlalulintas.

Jika masyarakat memiliki kesadaran untuk berlalulintas dengan baik dan benar maka kejadian-kejadian lakalantas yang menelan korban dapat dihindari.

Kasat AKP J Tarigan mengajak semua lapisan masyarakat, khususnya Kabupaten Padang Lawas untuk menjaga keselamatan dalam berlaluintas terhadap dirisendiri maupun orang lain.

Secara spesifik, AKP J Tarigan mengungkapkan, angka kecelakaan yang menimbulkan kematian tergolong tinggi di Kabupaten Padang Lawas, data tahun 2009, terjadi 28 kasus, meninggal dunia 28 orang, Luka Berat 8 orang, Luka Ringan 7 orang.

Sedangkan data Januari s/d Maret 2010, telah terjadi 6 kasus kecelakaan, Meninggal Dunia 5 orang, Luka Berat 2 orang, dan Luka Ringan 3 orang.

Kegiatan lain yang dilakukan Safty Treading Yamaha di Subuhuan, tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cara berkendaraan yang baik dengan memakai helem berstandart (SIN) untuk keselamatan jiwa di jalan raya.

Kasat AKP J Tarigan juga optimis dengan dilaksanakannya kegiatan kegiatan ini, maka citra Kabupaten Palas sebagai daerah yang masyarakatnya tertib dan cinta lalulintas akan berhasil kedepan. (ben)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Jalan P. Diponegoro Sidimpuan Memprihatinkan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*