Polsek Padang Bolak Ringkus Pencuri Ternak

Paluta, (Analisa). Jajaran Polsek Padang Bolak berhasil meringkus tiga orang sindikat pencurian spesialis hewan ternak yang selama ini beroperasi di wilayah Padang Lawas Utara (Paluta) dan sekitarnya.
Dalam aksinya kawanan pencuri tersebut sedikitnya telah melakukan pencurian hewan ternak lembu dan kerbau dengan menggunakan truk colt diesel di berbagai lokasi berbeda.

Ketiga sindikat pencurian spesialis hewan ternak dibekuk polisi, setelah sebelumnya diteriaki dan dihadang warga saat melakukan pencurian di Desa Gunung Manaon, Kecamatan Portibi, Selasa (29/1) malam.

Berkat laporan warga, polisi pun lalu melakukan pengintaian dan pengejaran terhadap truk yang dicurigai membawa kerbau. akhirnya, petugas berhasil mencegat dan menangkap tiga pelaku, Rabu (30/1) dinihari di Jalan Lintas Lingkungan 3, Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak.

Anggota sindikat yang tertangkap dijebloskan di ruang tahanan Mapolsek Padang Bolak. Ketiga tersangka yaitu S (46) , warga Hamparan Perak, Kecamatan Deli Serdang, J (33), Warga Halongonan, Paluta, dan MT (37) warga Langkat.

Sementara itu lima orang masih dalam pengejaran. Mereka adalah i alias Black, P alias Surya, Bagol alias kanibo, masing-masing warga stabat dan dua lagi yakni L dan M, diduga merupakan pegawai HTI, simpang baragas.

“Sampai saat ini kami masih melakukan pencarian dan pengejaran terhadap lima anggota sindikat lainnya. Identitasnya sudah kami ketahui. Sindikat tersebut spesialis mencuri hewan ternak di wilayah Paluta,”kata Kapolres Tapsel AKBP Abdul Rizal A Engahu, S.Ik, M.Si melalui Kapolsek Padang Bolak AKP JW Sijabat didamping Kanit Reskrim Iptu Sugiri, kepada Analisa, Rabu (30/1).

Baca Juga :  Pelamar CPNS Palas Diperkirakan Tembus 12 Ribu

Dengan diringkusnya komplotan tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat mengungkap sejumlah kasus pencurian hewan ternak yang selama ini telah meresahkan warga. Pengungkapan kasus pencurian hewan ternak, lanjutnya, berkas kerjasama dengan warga yang begitu antusias dengan kasus ini.

“Kita sangat berterimakasih kepada warga atas apresiasinya dan kerjasama dalam pengungkapan kasus ini,”ungkapnya.

Sugiri menambahkan, dalam kasus ini pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti, satu unit Mobil Avanza, dan juga tali yang digunakan untuk mengikat kerbau, tujuh ekor kerbau yang dicuri, truk cold diesel BK 8374 XP, yang digunakan untuk mengangkut ternak.

“Semua barang bukti sudah diamankan, kita minta masyarakat untuk tetap memberikan informasi bila ada hal-hal yang mencurigakan terkait pencurian kerbau, mari sama-sama kita memberantas pencurian kerbau ini,” imbuhnya.

Hingga saat ini, jajaran Satuan Reskrim Polsek Padang Bolak masih dilapangan melakukan pengejaran dan sweeping di berbagai tempat di wilayah Paluta dan sekitarnya, terkait kaburnya kelima pelaku yang berhasil kabur, Selasa (29/1) dinihari. Polisi menduga kuat pelaku kabur dan melarikan diri ke pedalaman Ulu Gajah, Kabupaten Padang Lawas (Palas).

“Kami akan terus memburu keberadaan kelima tersangka, kelima pelaku yang berhasil kabur diduga lari hingga ulu gajah,” tegas Kanit Reskrim Iptu Sugiri mengakhiri.

Pantauan Analisa di Mapolsek Padang Bolak, tertangkapnya pelaku pencuri berikut hewan ternak, Rabu (30/1)dinihari, menjadi tontonan warga yang hilir mudik di depan Mapolsek, warga berbondong-bondong mendatangi Mapolsek Padang Bolak ingin menyaksikan ketujuh hewan ternak yang berhasil diamankan petugas kepolisian. (ong)

Baca Juga :  102 Pedagang Berjualan di Pusat Jajanan Ramadhan Madina
analisadaily.com
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*