Ponimin Diminta Gantikan Mbah Maridjan

Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari Keraton Yogyakarta Hadiningrat meminta Ponimin, warga Dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, menjadi juru kunci Gunung Merapi mengantikan Mbah Maridjan.

Foto : Sultan HB X dan GKR Hemas

Permintaan ini secara langsung disampaikan GKR Hemas saat mengunjungi Ponimin, korban Merapi yang selamat di rumah saudaranya di Dusun Ngenthak, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (28/10/2010).

Adanya permintaan ini dibenarkan Abdul Hafidz Asrom, anggota DPD RI yang mendampingi GKR Hemas. Menurut Asrom, pernyataan istri dari Sultan Hamengkubuwono X ini adalah spontanitas dari GKR Hemas menyusul wafatnya Mbah Maridjan sehingga perlu ada penggantinya.

“Saya pikir itu spontanitas bukan penunjukan langsung karena yang punya otoritas untuk mengangkat juru kunci adalah Sultan. Namun tentunya permitaan beliau juga tidak terlepas dari keinginan Sultan,” terangnya.

Sebab itu, kata Asrom, pastinya penunjukan Ponimin sebagai juru kunci Gunung Merapi setelah ada perintah dari Sultan. Lebih lanjut dia mengatakan, Ponimin sendiri sebagai abdi dalem Kesultanan tentu akan menjalankan perintah Sultan. “Sebagai abdi dalem, pasti mau karena menjalankan perintah Sultan,” imbuhnya.

Disinggung apakah Ponimin memenuhi syarat sebagai juru kunci, Asrom mengatakan itu urusan internal Kesultanan Yogyakarta. “Tentu ada syarat dan prosedurnya,” terang dia.

(ram)

Sumber : okezone.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pemerintah Tarik Utang Luar Negeri Rp 26 Triliun dalam 10 Bulan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*