Ponsel Facebook Hadir Februari?

Isu tentang rencana jejaring sosial Facebook untuk membuat ponsel sendiri kembali mengemuka.

Gambar ponsel Facebook yang santer diisukan bakal menggunakan sistem operasi Android itu beredar luas di Internet.

Situs Boy Genius Report belum lama ini mendapat bocoran dari sumber berita yang menjadi salah satu anggota focus group (obyek riset internal Facebook).

Facebook Mobile yang diakses lewat ponsel (allfacebook.com)

Sumber anonim yang sempat selama sejam menjalani diskusi focus group itu, mendeskripsikan ponsel Facebook secara detil, sebagai berikut.

Ponsel dilengkapi dengan kupon berbasis lokasi

Pengguna bisa memilih kategori tertentu sesuai ketertarikannya. Bila pengguna berada di dekat salah satu toko yang masuk dalam kategori yang dipilih, maka kupon virtual tersebut otomatis akan diumumkan kepada ponsel Facebook pengguna.

Layanan GPS yang selalu hidup

Fitur always-on GPS seperti pada layanan Google Latitude, juga akan berjalan di ponsel, secara background (di belakang layar). Layanan ini yang akan menyediakan check in otomatis sehingga lokasi pengguna bisa disebarkan atau diumumkan kepada rekan-rekan mereka.

Tidak ada penyimpanan lokal

Ponsel tidak memiliki lokasi penyimpanan data lokal, atau memiliki, tapi kapasitasnya hanya sedikit. Semuanya berbasis cloud, bahkan termasuk database kontak, media, data, dan sebagainya.

Kamera ponsel

Ponsel memiliki kamera, namun semua hasil jepretan ponsel ini akan langsung diunggah secara otomatis ke server cloud.

Sistem pesan notifikasi

Baca Juga :  Windows XP Masih Jadi Favorit Pengguna PC

Sebuah pesan notifikasi seperti news ticker akan memberitahukan semua pesan yang akan bersarang di inbox tunggal, yang bisa disortir berdasarkan kategori tertentu.

Walaupun, selama ini Facebook selalu menyanggah rencana mereka membuat ponsel. Namun, kedua karyawan mereka, Joe Hewitt (pernah bekerja pada browser Mozilla Firefox) dan Matthew Papakipos (bekas kepala tim browser Google Chrome), dipercaya tengah mengembangkan ponsel Facebook ini secara rahasia.

Handset ini kabarnya bakal diproduksi oleh produsen asal Taiwan HTC, namun tidak akan diberi merk ‘Facebook Phone‘.

Menurut klaim situs Cityam.com, ponsel ini akan muncul di ajang Mobile World Congress 2011 yang digelar 14 Februari mendatang, di Barcelona Spanyol. (vivanews.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*