Ponsel untuk Tuna Netra Mulai Dijual

KOMPAS.com – Perusahaan telekomunikasi Inggris, OwnFone pada Jumat (16/5/2014) lalu mengklaim telah menjual ponsel Braille pertama di dunia. Ponsel ini ditujukan bagi tuna netra dan pengguna lain yang memiliki keterbatsan visual.

Dikutip dari BBC, walau sebelumnya sudah banyak pabrikan yang membuat ponsel dengan huruf Braille, OwnFone mengklaim sebagai pihak yang pertama kali menjual ponsel tersebut.

Desain ponsel itu sendiri terlihat sederhana. Bagian depan dan belakang dibuat dengan menggunakan teknik cetak 3D dan bisa dikustomisasi. Huruf dan tombol-tombol di keypad dicetak timbul dengan menggunakan huruf Braille.

“3D printing memungkinkan cara yang cepat dan efektif dalam membuat toombol dengan huruf Braille,” ujar pembuat ponsel Braille ini, Tom Sunderland.

“Ponsel ini juga bisa dipersonalisasi dengan dua atau empat tombol Braille yang telah diprogram untuk menelpon teman, keluarga, pekerjaan, atau layanan darurat,” ujar Sunderland.

Ponsel tersebut kini baru tersedia di Inggri. OwnFone menjual ponsel tersebut dengan banderol harga 60 Pound Sterling atau sekitar Rp 1,2 juta.

Walau ponsel buatan OwnFone ini menjadi yang pertama dijual secara umum, namun ide ponsel bagi penyandang tuna netra sebenarnya sudah ada sejak lama.

Sebelumnya, pada tahun 2013 lalu, sebuah perusahaan rintisan asal India yang bernama Kriyate  pernah membuat prototipe smartphone yang menggunakan huruf Braille. Smartphone tersebut memiliki layar yang menampilkan huruf Braille dan bisa ditekan, serta memberikan respon balik dengan suara atau getaran.

Baca Juga :  Dampak Negatif Bagi Pecandu Facebook Buat Pelajar,Remaja dan Anak - Anak

Sumber: BBC

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*