Postur Pendek Bukan Faktor Genetik

Manusia Terpendek Di Dunia.

Dream – Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengatakan ketika orangtua memiliki postur pendek maka nantinya anaknya akan pendek juga. Namun hal ini dibantah Ketua Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia, Darmayanti Sjarif.

“Memang postur tubuh yang pendek bisa karena genetik, tetapi belum tentu juga bila orangtuanya pendek maka anaknya juga pendek,” kata Darmayanti kepada Dream.co.id, Jumat 9 Januari 2015.

Menurut Damayanti selain faktor keturunan atau gen faktor, penentu postur tubuh seseorang yaitu asupan gizinya. Jika anak kebutuhan gizinya terpenuhi seperti karbohidrat, protein, vitamin, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium dan seng, maka pertumbuhan anak akan optimal.

“Sehingga badan anak bisa menjadi ideal walaupun orangtuanya pendek,” ujarnya.

Anak yang kekurangan gizi memang menurut Damayanti bisa dilihat dari ukuran tubuhnya yang pendek. Juga berat badan yang rendah.

Kurang gizi yang dialami anak-anak di bawah dua tahun dapat menyebabkan rentan dengan penyakit, perkembangan tubuh dan kemampuan daya saingnya juga rendah. (Ism)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*