Potensi dan Kualitas Air PDAM Tirta Ayumi P.Sidempuan Menjanjikan

Padangsidempuan – Potensi dan kualitas air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ayumi Padangsidimpuan sangat menjanjikan.

“Itu dibuktikan dengan sumber air yang dimiliki di dua lokasi yakni Desa Simatohir Kecamatan P.Sidimpuan Batunadua dan Desa Labuan Rasoki Kecamatan P.Sidimpuan Tenggara. Kedua sumber pemasuk utama air bersih PDAM ini debitnya masih tinggi. Tak hanya airnya melimpah, kualitasnya juga cukup bagus,” ujar Ir Fery Boyke AS, MM, Konsultan Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) didampingi H.Husni Thamrin Nasution, ST, Direktur PDAM Tirta Ayumi P.Sidimpuan dan Saeful Bahri Kepala Bagian Humas Dan Arsip Sekretariat Daerah Kota P.Sidimpuan kepada wartawan dikantor PDAM Tirta Ayumi setempat, Minggu (23/3).

Diungkapkannya, prospek PDAM Tirta Ayumi untuk berkembang ke depan terbuka lebar karena didukung potensi air yang melimpah dan kwalitasnya cukup bagus.

“Tinggal bagaimana mengelola dan memaksimalkannya supaya membawa keberuntungan bagi perusahaan,” tuturnya.

Dijelaskan, supaya harapan itu terwujud, pihak perusahaan harus menyiapkan sarana dan fasilitas yang dibutuhkan tentu dengan dukungan dana yang memadai.

“Terkait dukungan dana untuk mengembangkan PDAM Tirta Ayumi, saya bersedia menyusun buku induk, study kelayakan, business plant dan detail enginering desain (DED) perusahaan untuk dibawa ke pemerintah atasan provinsi Sumut dan pusat guna mendapatkan bantuan dana, ” katanya.

Sementara Direktur PDAM Tirta Ayumi P.Sidimpuan H. Husni Thamrin Nasution ST mengakui, selama ini PDAM Tirta Ayumi kesulitan untuk mengembangkan potensi perusahaan karena keterbatasan dana dan peralatan yang dimiliki.

Baca Juga :  Sidang Kasus Korupsi DAK Kota Padangsidimpuan - Maskur Dituntut 6 Tahun Penjara, Denda Rp250 Juta

“Kita kewalahan memperluas jaringan sambungan pipa ke pelanggan karena keterbatasan dana, Namun pada tahun 2014 ini ada harapan untuk mendapatkan bantuan dana sekira Rp 2,6 M dari APBN lewat pemerintah Provinsi Sumut,” ujarnya.

Rencananya kata Husni Thamrin dana sebesar itu akan diperuntukkan untuk membangun dua bak reserpoar di lokasi sumber air Simatohir untuk menambah kapasitas daya tampung dan meningkatkan kwalitas air.

“Bila itu terwujud kita akan menambah pelanggan baru dari 1,028 pelanggan menja di sekira 2.000 pelanggan,” paparnya.

Ia menilai, perusahaan yang dipimpinnya sejak sebulan silam itu belum bisa dikatakan sehat bila jumlah pelanggannya masih berada pada kisaran 2.000 pelanggan.

“Minimal kita harus memiliki 3.000 pelanggan supaya perusahaan digolongkan sehat,” sebutnya.

Pada kesempatan itu Walikota melalui Kabag Humas Dan Arsip Setda Kota P.Sidimpuan mendukung upaya dan langkah PDAM Tirta Ayumi untuk menjadikan perusahaan daerah itu maju dan bekembang sehingga bisa mendatangkan PAD Pemko P.Sidimpuan.

“Pemko memberikan otoritas penuh kepada Direktur PDAM Tirta Ayumi untuk mengambil langkah-langkah percepatan pengembangan perusahaan sehingga tidak lagi rugi,” katanya. (hih) (AnalisaDaily.com). sipiroknet

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Bpk.Pimpinan PDAM, tlg dibantu la Pak sumber air di Sadabuan, kok nambah hari,nambah bulan air sudah tidak jalan lagi, bayar tetap bayar, tapi air semakin tidak ada. Sudah lebih 2 minggu air tidak ngalir. Tlg bantu la Pak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*