Potensi Wisata Gua Sayur Matinggi Di Tapanuli Selatan

Potensi Wisata Gua Sayur Matinggi Di Tapanuli Selatan
Potensi Wisata Gua Sayur Matinggi Di Tapanuli Selatan

Selain pemandian alam Aek Sijornih yang sudah dikenal lebih dulu, Kecamatan Sayur Matinggi, di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masih memiliki tujuan wisata lain yaitu Gua Alam. Sayangnya belum dipotensikan secara optimal.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Sisoma Marancar Godang Tapanuli Selatan

line psp Potensi Wisata Gua Sayur Matinggi Di Tapanuli SelatanGua tersebut berada di Aek Badak Julu, Sayur Matinggi. Untuk menuju ke mulut gua ‘perawan’ itu berjarak hanya berjarak dua kilometer dari salah satu persimpangan Jalan Lintas Sumatera Padangsidimpuan – Sumatera Barat. Dua ini adalah tujuan potensial yang memiliki estetika, warisan bumi sudah cukup untuk menciptakan nilai ekonomi.

Wisata Gua Aek Badak 2 Potensi Wisata Gua Sayur Matinggi Di Tapanuli Selatan
Stalagmit Di Goa Aek Badak

Bibir gua memiliki tinggi sekitar 8 meter dengan lebar 9 meter. Sampai saat ini, Gua belum diberi nama. Namun, bila dikembangkan melalui kegiatan berbasis alam (geologi) atau geo-pariwisata, ekonomi lokal pasti akan tumbuh.

Wisata Gua Aek Badak 3 Potensi Wisata Gua Sayur Matinggi Di Tapanuli Selatan
Bebatuan stalaktit di dalam gua terlihat berwarna-warni.

Bagi yang melihat pasti kagum. Tak heran panorama bebatuan stalaktit di dalam gua terlihat berwarna-warni.

Warga desa Aek Badak sangat berharap potensi wisata Goa bisa dikembangkan. dan Masyarakat sangat mendukung. Masyarakat sekitar sering memanfaatkan keberadaan pupuk organik untuk kebutuhan petani, dari dasar bibir gua hibah dari kotoran serangga dan kelelawar.

Semoga pemerintah Tapnuli Selatan Jeli dan bisa memanfaatkan keberadaan gua ini untuk tujuan wisata, yang tentunya akan membuat perekonomian warga sekitar juga akan menggeliat.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 bulan yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Hidangan khas Tapanuli Selatan - Gurih Pedas Hidangan Tapanuli Selatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*