Prabowo-Hatta Menang Telak di Padangsidimpuan dan Tapsel

SIDIMPUAN – Sejumlah lembaga survei di tanah air boleh saja merilis kemenangan Jokowi-JK. Namun, untuk Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan, pasangan Capres dan Cawapres nomor urut satu, Prabowo-Hatta adalah pemenangnya.

Prabowo-Hatta unggul 76 persen atau meraih 71.621 suara, sementara pasangan Jokowi-JK 23.115 suara atau 24 persen. Ini sesuai dengan hasil perhitungan Desk Pemilihan Presiden (Pilpres) Pemko Psp dari 94.736 total keseluruhan suara sah.

“Sesuai dengan perhitungan Desk Pilpres, pasangan yang unggul di Psp adalah Prabowo-Hatta dengan angka 76 persen, sedangkan Jokowi-JK 24 persen. Hasil perhitungan ini diperoleh dari perhitungan yang dilakukan masing-masing petugas yang telah ditugaskan sebagai panitia Desk Pilpres dari Pemko. Namun, perhitungan ini bukan realcount yang bisa dijadikan sebagai landasan, karena keputusan perolehan suara sah secara hukum berasal dari KPU,” ujar Kabag Humas Kota Psp Rahmad Irmansyah, Kamis (10/7).

“Itulah data perolehan suara pasangan Capres dan Cawapres Pilpres 2014 yang kita peroleh. Namun, ini semua tidak bisa dijadikan sebagai landasan. Jangan nanti ada pihak-pihak yang berkaitan menjadikan data Desk Pemko sebagai acuan sehingga dapat menimbulkan konflik, karena data yang sah hanya berasal dari KPU. Makanya terlebih dahulu kita beritahukan agar masyarakat mengetahui bahwa data Desk Pilpres dari Pemko hanya sebatas gambaran, bukan data real,” tambahnya.

Pemko, sambungnya, melalui bagian Humas berharap agar masyarakat tetap kondusif selama proses perhitungan yang dilakukan pihak penyelenggara pemilu atau KPU sedang berlangsung. Karena Pilpres merupakan bagian demokrasi yang harus dilaksanakan semua warga negara.

“Kita ingin masyarakat tetap kondusif dalam menjalani proses perhitungan suara, mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK hingga ke KPU. Kemudian, diharapkan kepada semua pihak untuk tetap bersama menjaga kekondusifan di daerah kita. Dan hasil perhitungan Desk Pemko ini bukan sebagai acuan, tapi yang dijadikan acuan ialah hasil perhitungan suara dari KPU,” terangnya.

Sementara itu, Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Koalisi Merah Putih Kota Psp, Kamis (10/7), dalam konferensi persnya, juga memaparkan kemenangan. Menurut hasil perhitungan mereka, hasil perolehan suara pasangan nomor urut 1 sebanyak 71.760 atau setara dengan 75 persen. Artinya pasangan Capres dan Cawapres dengan lambang garuda merah ini menang telak dibandingkan pasangan Jokowi-JK yang hanya memeroleh suara sejumlah 23.515 atau 24,56 persen

Baca Juga :  Inter Kalah, Leonardo Tak Salahkan Eto'o

“Menurut hasil perhitungan berdasarkan C1 yang dilakukan oleh para saksi dari tim pemenangan Prabowo-Hatta koalisi merah putih Kota Padangsidmpuan, pasangan nomor urut 1 memeroleh jumlah suara sebanyak 74,95 persen atau 71.760 suara dari total suara pemilih sebanyak 95.746,” jelas Irsan Effendi Nasution selaku ketua tim pemenangan didampingi oleh Erwin Nasution dan Eddy Matondang di kantor pemenangan Jalan Imam Bonjol Aek Tampang, Kamis (10/7).

Menurut Irsan, angka tersebut merupakan hasil realcount yang didapat dari para saksi-saksi tim pemenangan Prabowo-Hatta berdasarkan C1 yang sah. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Psp yang telah menggunakan hak pilih untuk mencoblos Capres dan Cawapres dukungan mereka.

Pihaknya juga akan terus melakukan pengawalan yang ketat, untuk tetap memantau hasil penghitungan, mulai dari tingkat kelurahan dan desa, lalu sampai ke kecamatan hingga penghitungan akhir di sekretariat kantor KPU Kota Psp.

Ia menambahkan, untuk tingkat Nasional, sesuai dengan perolehan suara yang dilakukan secara kredibel, pihaknya memeroleh suara sekitar 52 persen, dan untuk Sumatera Utara sekitar 60 persen. Begitu juga perolehan suara yang mereka dapat di Kota Psp sesuai dengan yang ditergetkan yaitu 75 persen.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh pendukung agar tetap menahan diri untuk menunggu keputusan pastinya, yang akan diumumkan secara nasional pada 22 Juli mendatang. Kiranya kita tetap menjaga kekondusifan,” pungkasnya.

Raih 65 Persen di Tapsel

Di Kabupaten Tapanuli Selatan, pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta meraih sekitar 65 persen suara sah, mengungguli pesaingnya Jokowi-JK dengan raihan sekitar 35 persen suara sah.

“Pelaksanaan pilpres berjalan aman dan lancar, Prabowo-Hatta unggul dengan raihan sekitar 65 persen. Ini berdasarkan data C1 yang kita terima,” ungkap sekretaris pemenangan Koalisi Merah Putih Kabupaten Tapsel Borkat, Kamis (10/7).

Baca Juga :  Jalinsum Sipirok – Tarutung Putus Total

Dikatakannya, pilpres merupakan agenda nasional dalam menentukan secara langsung pemimpin negara ini. Namun, sambil menunggu hasil akhir dari KPU sebaiknya masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah kehidupan, dengan mengedepankan Dalihan Natolu. “Masyarakat Tapsel harus menjaga kekondusifan ini, sambil menunggu keputusan KPU,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu ketika dimintai keterangan tentang pelaksanaan Pilpres di Tapsel, menyebutkan, pilpres yang merupakan pesta Demokrasi yang baru saja berlalu. Sekalipun ada perbedaan pilihan, namun persatuan dan kesatuan utamanya di tengah masyarakat khususnya Kabupaten Tapsel harus tetap dijaga.

“Kita sekarang fokus pada percepatan pembangunan di Tapsel, karena masih banyak agenda pembangunan yang harus kita laksanakan,” ungkapnya.

Ketika didesak apakah tidak perbedaan dukungan akan membuat kelonggaran dalam melakukan program percepatan pembangunan di Tapsel, dengan tegas Syahrul menyampaikan, sebagai pemimpin, dia tahu betul karakter masyaralatnya, apalagi pilpres tersebut adalah agenda nasional, tentu tidak ada pengaruhnya pada program percepatan pembangunan di Tapsel.

“Begitupun, saya tetap mengimbau agar kita semua lebih mengedepankan persatuan dan kesatuan, harana hita natuari, hita sadariaon dan Insya Allah hita buse do haduan (kita yang kemarin, kita yang sekarang dan Insya Allah kita juga di masa yang akan datang), makanya mari kita menjalankan aktivitas sebagaimana biasa,” ajaknya. (bsl/yza/ran)-METROSIANTAR.com,

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*