Prabowo Unggul di Madina

(Analisa/sarman nasution) HITUNG: Petugas TPS sedang melakukan penghitungan suara Pilpres di Kelurahan Dalan Lidang-Panyabungan, Rabu (9/7).

Panyabungan,  Meski belum diketahui pasti siapa pemenang pada Pemilihan Presiden tahun 2014, namun di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sudah bisa dipastikan pemenangnya adalah Pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, karena pasangan ini mendominasi perolehan suara di semua TPS yang ada di Madina.

Seperti di 10 TPS di Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan, Rabu (9/7), dari 10 TPS di kelurahan itu, tak satupun TPS yang dimenangkan pasangan Jokowi-JK, dan di semua TPS pemenangnya adalah Prabowo-Hatta dan beda perolehan suaranya sangat signifikan. Di TPS 10 pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 135 suara sementara Jokowi-JK mendapat 21 suara, lalu di TPS 9 pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 57 suara dan pasangan Jokowi-JK hanya 12 suara. TPS 8 pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 132 suara dan Jokowi-JK mendapat 22 suara, kemudian di TPS 7 pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 95 suara dan Jokowi-JK mendapat 23 suara.

TPS 6, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 196 suara dan Jokowi-JK mendapat 22 suara, di TPS 5 Prabowo-Hatta memperoleh 105 suara, Jokowi-JK 31 suara. Berikutnya di TPS 4 Prabowo-Hatta mendapat 140 suara, dan Jokowi-JK mendapat 16 suara. TPS 3  Prabowo-Hatta memperoleh 137 suara dan Jokowi-JK  24 suara, TPS 2 Prabowo-Hatta memperoleh 80 suara, dan Jokowi-JK 9 suara.TPS 1 pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 259 suara, Jokowi-JK 19 suara.

Bukan hanya di 10 TPS di Kelurahan Dalan Lidang, tetapi 16 TPS yang ada di Kelurahan Sipolupolu juga dimenangkan oleh pasangan Prabowo-Hatta.

Baca Juga :  Gerah Dibohongi, Warga Luat Pinarik Datangi PT. PHS Kebun Papaso

HM Dahler Nasution, seorang tokoh masyarakat kepada wartawan mengatakan, pasangan Prabowo-Hatta memang layaklah menjadi pemenang di Kabupaten Madina, mengingat masyarakat menilai pasangan ini yang lebih pas membawa Indonesia yang lebih baik. Kabupaten Madina sebagai daerah agamais juga memiliki kedekatan dan kesamaan dengan visi-misi Prabowo-Hatta.

“Ulama Madina juga mendukung pasangan Prabowo-Hatta, bahkan semua elemen mendukung pasangan ini,” ujar Dahler.

Partisifasi  Rendah

Tingkat partisifasi pemilih pada Pemilihan Presiden tahun 2014 yang  di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) diperkirakan amat rendah, data sementara yang diperoleh tingkat partisifasi yang memberikan hak suaranya hanya 50 persen ke bawah, bahkan ada di beberapa TPS yang hanya sekitar 25 persen dari total Daftar Pemilih Tetap.

Seperti amatan di sejumlah TPS di Kecamatan Panyabungan, hingga pukul 12.00 WIB masih ada di TPS itu jumlah pemilih yang sudah menggunakan suaranya baru 20 persen bahkan hingga waktu pencoblosan ditutup ada yang hanya di sekitar 25 persen.

Seperti di 10 TPS di Kelurahan Dalan Lidang Panyabungan, ada yang hanya 25 persen dari jumlah DPT. Misalnya,  di  TPS 10 jumlah DPT sebanyak 333 namun kertas suara yang terpakai hanya 156 suara, lalu di TPS 9 dari jumlah DPT sebanyak 238 jumlah kertas suara terpakai hanya 69 suara.

Di TPS 8 jumlah DPT sebanyak 289 dan kertas suara yang terpakai hanya 154 suara, kemudian di TPS 7 jumlah DPT sebanyak 342 dan kertas suara terpakai sebanyak 118 suara. Di TPS 5 jumlah DPT sebanyak 514 orang sementara kertas suara terpakai hanya 136 suara.

Baca Juga :  Pinto: Barcelona Akan Sempurna di Vicente Calderon

Selanjutnya di TPS 4 jumlah DPT 410 kertas suara yang terpakai hanya 156 saja, lalu di TPS 3 jumlah DPT sebanyak 456 dan jumlah kertas suara terpakai hanya 161 suara. Sementara di TPS 2 jumlah DPT sebanyak 279 namun kertas yang dipakai hanya 95 dan 6 diantaranya batal atau suara sah sebantak 89,  TPS 1 jumlah DPT sebanyak 259 dan kertas suara yang terpakai 145 suara.

Hal serupa juga terjadi di sejumlah TPS lain di Kelurahan yang ada di Kecamatan Panyabungan. (man)/analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*