Pramuka se-Tapsel Ikuti Jambore 2010

5633417679f2fa31472c57c6e668a6f4273248e Pramuka se Tapsel Ikuti Jambore 2010
Ketua Kwarcab Pramuka Tapsel, Sarmadhan Harahap bersama Dandim 0212/TS, Letkol Togar Pangaribuan meninjau perkemahan Rabu (23/6).

Anggota pramuka se-Tapanuli Selatan (Tapsel) mengikukuti perkemahan Jambore 2010, di SMP Negeri 2 Angkola Timur Tapsel, Rabu (23/6). Acara jambore dibuka secara resmi Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Tapsel diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Tapsel, Drs H Ibrahim Harahap MM.

Dalam pidatonya, Ibrahim mengatakan jambore cabang merupakan perkemahan besar pramuka penggalang yang dititik beratkan pada kegiatan persaudaraan.

Kegiatan diikuti pramuka penggalang, dari seluruh wilayah di Tapsel, dan diharapkan kegiatan akan berlanjut hingga pada pelaksanaan jambore daerah dan jambore nasional ke depannya.

Gerakan pramuka adalah suatu gerakan pendidikan sukarela, bersifat non politik bagi kaum muda dan terbuka untuk semua tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama. Gerakan yang berarti suatu rangkaian kegiatan yang terorganisir, menuju suatu sasaran.

Dikatakannya, gerakan pramuka bertujuan untuk mengembangkan kewarganegaraan yang bertanggungjawab, dengan pendidikan kemasyarakatan yang didasarkan pada prinsip keyakinan dan nilai-nilai yang fundamental seperti satya dan darma.

“Sifat sukarela kepramukaan, menggaris bawahi persyaratan bahwa para anggota bergabung atas dasar kemauannya sendiri dan atas dasar penerimaannya secara sukarela terhadap azas-azas gerakan,” ujarnya.

Sementara Ketua panitia pelaksana, Kaliurung Siregar SH dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan perkemahan Jambore Cabang Tapsel 2010, akan berlangsung 22-25 Juni yang diikuti 342 peserta pramuka penggalang, baik putra mapun putri dari 9 kwartir ranting (Kwarran) yang mengririmkan peserta.

Baca Juga :  Desember, 101 Desa Di Paluta Serentak Gelar Pilkades

“Peserta kegiatan terdiri dari 115 pramuka penggalang putra, dan 137 pramuka penggalang putri dan 49 orang pembinan pendamping dari 9 kwarran yang mengrimkan peserta,” katanya.

Ditambahkannya, dasar pelaksanaan kegiatan perkemahan jambore cabang adalah sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka, program kerja Kwarcab Tapsel tahun 2010 dan Surat Keputusan (SK) Kwarcab Tapsel Nomor. 9 tahun 2010 tentang panitia jambore cabang Tapsel 2010.

Ketua Kwarcab Pramuka Tapsel, H Sarmdhan Harahap APT yang juga Kadiskes Tapsel dalam arahannya mengharapkan, kepada para peserta untuk melaksanakan kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh dan mempedomani dasa darma pramuka dan tri satya pramuka.

“Kepada kakak-kakak Pembina, dalam hal membimbing peserta selalu mengacu sistem asah, asih dan asuh,” pesannya.

Dijelaskannya, kegiatan jambore merupakan suatu kegiatan dari Kwarcab Tapsel di antara kegiatan lainnya seperti Wira Kartika, Wira Bhakti Husada. Dan sesuai dengan koordinasi dengan Polres Tapsel tanggal 2 Juli, direncanakan akan melaksanakan kegiatan kepramukaan di bumi perkemahan Danau Siais atau Wira Bhayangkara.

Amatan METRO, pelaksanaan pembukaan secara resmi perkemahan jambore berjalan lancar.

Hadir dalam acara, Dandim 0212, Letkol Inf Togar Pangaribuan, Kapolres Tapsel, AKBP Subandriya SH MH, Danyon 123/RW, Komandan Brimob, Ketua Kwarcab Tapsel, H Sarmadhan Harahap, kakak andalan Kwarcab Tapsel, Gugus Depan (Gudep) dan peserta perkemahan.

Sumber: http://metrosiantar.com/Metro_Tabagsel/Pramuka_se-Tapsel_Ikuti_Jambore_2010

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Waspada Hacker Manfaatkan 'Lubang' di Adobe Flash

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*