Presiden: Tambah Fasilitas Lansia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk menyediakan fasilitas umum bagi lanjut usia (lansia). Pemerintah juga memberikan bantuan kepada kaum lansia yang memerlukan bantuan nyata.

“Tidak etis manakala yang tua dan penyandang cacat harus berdesak-desakan di berbagai fasilitas publik,” katanya dalam peringatan puncak Hari Lanjut Usia Nasional di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/6).

Dia mengatakan jumlah manula di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Pada tahun 1970 jumlah manula mencapai 5,3 juta orang dan pada 1990 menjadi 12,7 juta. Sementara pada 2005 jumlah merangkak naik menjadi 16,8 juta orang dan 2008 menjadi 19,5 juta orang.

Selain itu, kata dia, usia harapan hidup juga meningkat mencapai 70,7 tahun dari usia 60 tahun.

Jumlah ini juga memberikan implikasi untuk meningkatkan anggaran dari sisi aspek sosial bertambahnya jumlah manula. Pasalnya, para lanjut usia tidak bisa lagi bekerja.

Dalam acara tersebut, pemerintah memberikan bantuan kepada 10 ribu lanjut usia dari 28 provinsi sebesar Rp 300 ribu per bulan.

Sumber: http://www.waspadamedan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1906:presidentambah-fasilitas-lansia-&catid=57:nasional&Itemid=212

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*