Primadona di Pameran Pembangunan Tapsel 2015

(Analisa/hairul iman hasibuan) TANYA: Sejumlah pengunjung sedang bertanya kepada karyawan ANJA Siais seputar buah sawit di pameran pembangunan Tapsel 2015, Pintu Padang Kecamatan Batangangkola.

Tapsel, Stand perusahaan perkebunan PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA) Siais menjadi primadona dalam pameran pembangunan di lapangan sepakbola Pintungpadang Kecamatan Batangangkola Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (8/8).

Pantauan Analisa, dalam rentang waktu tiga hari (Kamis-Sabtu) pagelaran pameran, tercatat seribuan warga telah mengunjungi stand perkebunan ANJA Siais.

Para pengunjung banyak tertarik seputar pengolahan, manfaat serta keuntungan yang ada dalam buah sawit.

Menurut CSR Officer ANJA Siais Dedi Nainggolan, ajang pameran pembangunan Tapsel 2015 dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan seluk beluk perusahaan dan berbagai hal tentang pengelolahan kelapa sawit.

“Antusiasme pengunjung mendatangi stand anja diluar dugaan kami, mereka silih berganti menanyakan berbagai hal terkait pengolahan dan manfaat yang ada dalam biji sawit, “katanya.

Dijelaskan, dalam pameran itu ANJA memamerkan berbagai produk unggulan seperti bibit sawit Kostarika dimana baru anja yang punya ditapsel.

Selain itu, bibit sawit socfindo dan berbagai jenis pupuk yang dipakai ANJA menanam sawit. Pihak ANJA juga memamerkan proses pengolahan sawit dari brondolan, press cake (hasil pemerasan brondolan), nut hingga menghasilkan CPO.

“Nut menghasilkan kernel produksi, dipecah lagi menjadi wet kernel, “terangnya.

Dedi mengatakan, banyak yang bisa dimanfaatkan dalam biji sawit seperti bahan pembuat sabun, kosmetik hingga kompos.

Baca Juga :  Ditunggangi Gerombolan Mafia Kayu : Kades Pargarutan Jae dan Palsabolas Tabur Surat Tanah Palsu

“Bahkan, saat ini dalam menjalankan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) kita tidak lagi memakai solar namun cangkang (fibrecyclone).

Di sisi lain kata Dedi, dalam stand ANJA juga dipamerkan berbagai prestasi yang diraih ANJA Siais seperti RSPO (sertifikasi internasional).

Sertifikat dari kementerian tenaga kerja RI berupa sertifikat audit sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja serta sertifikat penilaian terbaik masuk penilaian kelasa satu ditanda tangani bupati tapsel.

“Kita pamerkan itu, untuk membuktikan kemasyarakat jika ANJA merupakan salah satu perusahaan sawit yang profesional dan proporsional, “tuturnya.

Badu Hasan Daulay (34) pengunjung warga Pintungpadang Kecamatan Batangangkola mengaku, terkesan dengan ragam produk sawit yang ditampilkan ANJA Siais.

“Banyak informasi berharga yang kami dapatkan, khususnya tekhnik menanam sawit yang baik,” katanya.

Distand ANJA jugalah kata Badu, ia mengetahui jika buah sawit tidak hanya menghasilkan CPO namun bisa juga menjadi bahan membuat solar, sabun, kosmetik bahkan pupuk.

“Banyak ilmu yang didapatkan dalam stand ANJA Siais ini, khususnya dalam memanfaatkan buah sawit, “terangnya. (hih)


(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*