Produksi Sawit Petani di Sosa Mulai Meningkat

Sosa. Selama tiga hari berturut pasokan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang diolah PT Mandiri Sawit Bersama (PT MSB) berlokasi di Desa Aek Tinga, Kecamatan Sosa, mengalami peningkatan yang cukup drastis. Hal itu terjadi karena produksi TBS kelapa sawit petani meningkat. “Selama beberapa bulan, pasokan buah sawit berkisar 200-300 ton perhari. Tapi, tiga hari berturut-turut, pasokan buah sawit yang masuk sebanyak 800 ton perhari,” ujar KTU PT MSB Leonardi Simatupang kepada MedanBisnis, Rabu (8/7).

Menurut Leonardi, selain produksi sawit petani lokal mulai meningkat, untuk mengantisipasi kekurangan pasokan buah sawit yang diolah pada PKS ini, pihak manajemen PT MSB bersaing harga beli buah sawit dari petani. “Soal harga, menjadi kewenangan pemasok atau suplier dengan tetap memperhatikan kualitas rendemen TBS sawitnya,” terang Leo.

Saat dikomfirmasi, Monang, pemilik suplier SPM yang memasok buah sawit ke PKS PT MSB mengatakan, kenaikan produksi sawit petani di Kecamatan Sosa dan Huragi saat ini sekitar 20 persen. “Ditambah pasokan buah sawit dari daerah Sibuhuan dan daerah Rohul-Riau, sehingga target pasokan olah buah sawit ke PKS PT MSB bisa ditingkatkan,” ujarnya. Soal harga buah sawit yang dibeli dari petani, tentunya disesuaikan dengan kondisi dan mutu buah sawit tersebut. Saat ini, Rabu (8/7) harga beli buah sawit dari petani berkisar sebesar Rp 1.440/kg atau mengalami penurunan harga yang semula Rp. 1.500/kg.

Baca Juga :  Bupati Tapsel Terima Satya Lencana Pembangunan dari Presiden

(maulana syafii) – MedanBisnis –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*