Proyek Drainase Pemprovsu Asal Jadi

150383737af1571c85aecc98bd5cc48982ccae7d Proyek Drainase Pemprovsu Asal Jadi
RETAK-Belum selesai, pembangunan drainase di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Gunung Tua- Padangsidimpuan, dari Simpang Portibi hingga sigama siranggitgit, Kecamatan Padang Bolak, Paluta banyak yang sudah retak-retak.

PADANGBOLAK-Pembangunan drainase di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum)  Gunung Tua-Psp, dari Simpang Portibi hingga Sigama Siranggitgit, Kecamatan Padang Bolak, Paluta, yang dikerjakan Dinas PU Bina Marga Sumatera Utara terkesan asal jadi.

Keberadaan proyek ini menimbulkan tanda tanya di tengah-tengah warga. Pasalnya, proyek yang masih dalam tahap pekerjaan ini telah mengalami keretakan di sejumlah bagian dinding konstruksi drainase. Kemudian timbul asumsi bahwa pelaksanaan kerja proyek tidak maksimal dan terindikasi menyimpang masalah panjang bangunan tidak sesuai dengan realisasi proyek.

Wakil Ketua Forum Kajian Peduli Paluta, Hasan Harahap, kepada METRO, Minggu (13/11) mengaku geram saat melihat pembangunan drainase di sepanjang jalinsum Gunung Tua-Psp. Dia mensinyalir pembangunan drainase mengenyampingkan mutu dan terkesan asal jadi, sebab pemasangan batu pada sisi kiri-kanan drainase hanya menempelkan batu yang tidak lebih 20 cm tebal batu kemudian ditempel ke dinding tanah, kemudian pekerja membubuhi dengan adukan semen dan pasir seadanya.
“Jelas tampak ukuran tidak sesuai dari atas hingga ke bawah, belum lagi setahun sudah banyak yang retak-retak,” ujar Hasan.

Hasan menambahkan, pembangunan drainase begitu terlihat dikerjakan asal jadi sehingga pembangunannya bukan bermanfaat tetapi malah justru sebaliknya.

Menurutnya, Akibat pembangunan drainase yang diduga dikerjakan asal jadi dan tidak tertutup kemungkinan tanpa adanya kontrol pemerintah dalam hal ini Dinas Bina Marga Propinsi Sumatera Utara, sehingga permukiman penduduk yang ada di sepanjang ruas Jalan Gunung Tua- Padangsidimpuan kerapkali terendam banjir saat musim penghujan.
“Amburadulnya pembangunan drainase yang dikerjakan itu, kami harapkan, tentunya Bapak Plt Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho  dapat bersikap tegas,” ungkapnya.

Baca Juga :  Penggunaan dana BOS perlu diaudit

Pantauan METRO, pembangunan drainase di ruas Jalinsum Gunung Tua- Padangsidimpuan  kondisinya belum dapat menyalurkan air buangan seperti semestinya. Apalagi, drainase yang dibangun masih terlihat mampet di beberapa bagian, sehinga ketika hujan turun air meluber ke halaman rumah warga bahkan sampai ada pemukiman warga yang terendam.
Di plang proyek menerangkan proyek tersebut merupakan pekerjaan drainase-dari sumber dana APBD Tingkat I Provinsi Sumut. (thg/mer)

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*