Proyek Peningkatan Jalan Dekat Rumah Dinas Bupati Sudah Rusak – Kadis PU Palas : Itu Masih Dalam Tahap Pemeliharaan

Damro S memperlihatkan ruas jalan Pejuang yang rusak, Senin (25/5/2015).

Palas | Dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi (PU&PE) Daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) menanggapi persoalan sudah rusaknya proyek peningkatan Jalan Pejuang Kelurahan Pasar Sibuhuan, yang merupakan proyek Tahun Anggaran 2014.

Kepala Dinas PU&PE Daerah Palas Ir Ulil Fadil Nasution yang dijumpai di kantornya, mengatakan bahwa proyek tersebut masih dalam tahap pemeliharan. Karena masih dalam tahap pemeliharaan, pihak rekanan masih bisa melakukan perbaikan terhadap jalan tersebut, untuk diserahterimakan untuk serah terima tahap kedua atau pencairan jaminan pemeliharaan sebesar 5 persen dari nilai kontrak, yang masih berada di kas daerah.

“Itukan masih tahap pemeliharaan. Jadi Tim PHO serah terima kedua yang menanganinya, apakah proyek tersebut bisa diterima atau tidak. Saya rasa, ini (Juni) bulan terakhir masa pemeliharaan,” ujar Kepala Dinas PU&PE Palas Ir Ulil Fadil Nasution, Rabu (3/6/2015).

Ditambahkan, kalaupun pihak rekanan tidak melakukan perbaikan, maka proyek tersebut bisa saja tidak diterima untuk tahap kedua. Jaminan pemeliharan yang ada sebesar 5 persen dari nilai kontrak, nanti bisa juga pihak PU yang melakukan perbaikan, atau dana tersebut diberikan kepada pihak ketiga untuk melakukan perbaikan.

“Jaminan pemeliharaannya (5 persen) kan masih ada sama kita. Nanti bisa saja kita yang melakukan perbaikan atau dipihak ketigakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Lembaga Tipikor Indonesia (LTI) Kabupaten Palas menyoroti paket proyek peningkatan Jalan Pejuang Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun Kabupaten Palas yang lokasinya berada dekat rumah dinas Bupati Palas Ali Sutan Harahap, karena jalan tersebut sudah rusak. Padahal pembangunan jalan tersebut merupakan paket proyek tahun 2014, yang baru selesai dikerjakan CV ANWAR MAS pada akhir Desember yang lalu.

Baca Juga :  Demi Wujudkan Pelayanan Prima - PNS di Jajaran SKPD Palas Harus Tingkatkan Disiplin

LTI Palas juga mengaku heran dengan keberadaan proyek tersebut yang lokasi tidak begitu jauh dari rumah dinas Bupati Palas, dan Bupati Palas diketahui belum pernah menyorotinya ataupun melakukan tinjauan lapangan. Biasanya Bupati Palas sangat respon terhadap permasalahan proyek amburadul dan cepat rusak.

“Anehnya, walau jalan tersebut dekat rumah dinas Bupati, Bupati Palas diketahui belum pernah menyoroti atau meninjau jalan tersebut. Karena dari tahun-tahun sebelumnya, Bupati Palas sangat kritis terhadap kualitas proyek rendah atau baru dikerjakan sudah rusak. Misalnya pada proyek pembangunan Jalan Simpang SMAN 1 Barumun – Sibuhuan Julu, Bupati Palas sangat marah besar pada saat melakukan peninjauan lapangan proyek tersebut, yang juga dekat rumah dinas Bupati yang jaraknya kurang lebih 100 meter,” ungkap Koordinator Tim Investigasi LTI Palas Damro S beberapa waktu yang lalu.

Damro yang juga warga sekitar, menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah pernah mempublikasikan proyek tersebut di media massa, akan tetapi respon dari instansi terkait (Dinas PU Palas) atau rekanan tidak ada sama sekali, karena sampai saat ini perbaikan jalan tersebut tidak kunjung ada. Katanya lagi, yang mana dalam pemberitaan, pihak PU Palas menyampaikan akan meminta pihak rekanan untuk melakukan perbaikan dengan dalih proyek tersebut masih dalam tahap pemeliharaan.


Sahat Gemayel Lubis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Syafii Maarif: PSSI Lapuk

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*