Proyek PNPM Mandiri Berhasil di Madina

Panyabungan, Proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan sebesar Rp1,8 miliar di dua Kecamatan yakni Rp900 juta di Kecamatan Lembah Sorik Marapi (LSM) yang terbagi dengan 5 paket proyek dan Rp 900 juta di Kecamatan Tambangan terbagi dalam 8 paket proyek.

Demikian disampaikan oleh Kadis PU Pertambangan dan Energi Ir Abdollah Dalimunthe yang diwakili oleh Sekretaris PU Pertambangan dan Energi Kabupaten Mandailing Natal Nasrin Lubis yang dipusatkan di kompleks SMP Tambangan, Selasa (18/5).

Dalam kesempatan itu Sekretaris PU Pertamben Madina, Nasrin mengatakan di Kecamatan Lembah Sorik Marapi dana PNPM Mandiri tahun 2009 telah selesai dibangun sebanyak 5 Paket sedangkan di Kecamatan Tambangan sebanyak 8 Paket dengan memberdayakan masyarakat setempat.

“Selain proyek-proyek yang saya sebutkan di atas tadi masih banyak lagi proyek-proyek yang sudah selesai dikerjakan pada tahun 2009 yang lalu termasuk di antaranya 3 paket proyek dari dinas PU Cipta Karya dengan dana sebesar Rp 340 juta dan masih banyak lagi termasuk di antaranya dari Dinas PU Pertambangan dan Energi Kabupaten Mandailing Natal,” katanya.

Namun dalam tahun 2010 ini pihak pemerintah Kabupaten Mandailing Natal telah menganggarkan sebesar Rp 4.351.000.000,- terbagi pada 4 paket Proyek termasuk di antaranya peningkatan Jalan Simpang Jalan Negara menuju Angin Barat Kecamatan Tambangan.

“Selain itu Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal juga telah menganggarkan sebesar Rp. 125 juta untuk daerah Kecamatan Lembah Sorik Marapi yang terbagi dalam 2 paket termasuk di antaranya Rehabilitasi dan Pemeliharaan Jaringan irigasi Aek Roburan Desa Roburan Lombang dengan dana sebesar Rp. 75 juta,”katanya.

Baca Juga :  Motto Kota Padangsidimpuan Salah, Seharusnya ‘Salumpat Saindege’ Bukan 'Bumi Dalihan Natolu'

Sementara untuk dana PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamtan LSM pada tahun 2010 mendapat peningkatan dari Rp 900 juta menjadi Rp1 miliar.

Peningkatan dana PNPM Mandiri Perdesaan tahun 2010 ini merupakan salah satu bukti keberhasilan PNPM Mandiri Perdesaan selama ini.

Selesai Dikerjakan

Sementara dalam hari yang sama Sekretaris PU Pertamben Madina Nasrin juga dalam acara peresmian sejumlah proyek di Kecamatan Kotanopan dan Kecamatan Ulu Pungkut mengatakan pada tahun 2009 yang lalu, telah selesai dikerjakan dengan dana Rp. 4.131.181.500 yang terbagi pada 5 paket pekerjaan yang berasal dari Dinas PU Bina Marga Madina.

“Selain itu juga bidang pengairan dan PSDA telah selesai dikerjakan sebanyak 10 paket dengan dana sebesar Rp1.951.200.000 termasuk di antaranya pembangunan saluran irigasi di Muara Siambak menuju Muara Soro Kecamtan Kota Nopan dengan nilai kontrak sebesar Rp 248.000.000,” katanya.

Dari dana PNPM Mandiri Perdesaan yang juga memanfaatkan masyarakat setempat di Kecamtan Kotanopan telah selesai menyelesaikan sebanyak 13 paket proyek dengan dana sebesar Rp3 miliar termasuk di antaranya Pembangunan Jembatan Gantung di Desa Padang Bulan dengan nilai kontrak sebesar Rp253.081.000.

Untuk Kecamatan Ulu Pungkut telah selesai dikerjakan sebanyak 9 paket proyek yang juga memberdayakan masyarakat setempat dengan menelan dana sebesar Rp1.999.961.000 termasuk di antaranya pembangunan MCK di Desa Muara Salada dengan menelan dana sebesar Rp. 124.861.000,” jelas Nasrin.

Baca Juga :  74,4 Persen Warga Madina Ikut Pilkada

Bupati Madina Amru Daulay berharap di penghujung jabatannya, dia ingin melihat langsung proyek yang dikerjakan pada tahun 2009 yang lalu sekaligus pamitan kepada Masyarakat Kabupaten Mandailing Natal setelah 11 tahun memimpin Madina. (man)

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=56377:proyek-pnpm-mandiri-berhasil-di-madina&catid=51:umum&Itemid=31

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*