PSSI Dapat Laba Rp 20 Miliar dari Tiket AFF

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mendapatkan laba yang tidak sedikit dari hasil penjualan tiket piala AFF Suzuki 2010 yang baru saja berakhir. Dari hasil penjualan tiket di sepanjang penyelenggaraan pertandingan, PSSI setidaknya bisa mendapatkan laba yang mencapai Rp 20 miliar.

“Jumlah itu merupakan angka tertinggi,” kata Ketua panitia lokal (LOC) Joko Driyono saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta,  Kamis (30/12).

Joko menyatakan, jumlah pendapatan LOC dari hasil penjualan tiket mencapai angka kotor Rp 31 miliar. Dari jumlah tersebut, pendapatan sebesar sekitar Rp 9 miliar didapatkan dari penyelenggaraan pertandingan final leg kedua melawan Malaysia Rabu (29/12) kemarin.

“Pengeluaran kurang lebih mencapai Rp 11-12 miliar,” katanya. Menurutnya, berapa pun margin dari jumlah pendapatan dan pengeluaran itu akan langsung diserahkan kepada PSSI.

Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes menjanjikan, hasil keuntungan tersebut bakal digunakan untuk pembinaan pemain. “Kami juga memiliki kebutuhan untuk penyelenggaraan kongres, tetapi itu tidak akan memakan biaya yang besar. Tentu yang membutuhkan biaya tinggi adalah pembinaan,” kata Nugraha.

Menurut Nugraha, akan ada banyak agenda yang harus dilalui tim nasional Indonesia di pada 2011. “Yang akan berujung pada SEA Games di akhir tahun nanti,” katanya. Jadwal terdekat yang bakal dilalui timnas adalah pertandingan Pra-Olimpiade 2012 yang bakal berlangsung pada Februari dan Maret.

Baca Juga :  Maroef Bingung Setya Novanto Ketua DPR atau Pengusaha

Setelah itu, agenda persiapan tim nasional U-23 juga harus mulai bergulir mengingat sudah ada turnamen AFF U-23 pada Juni 2011, kemudian dilanjutkan untuk persiapan SEA Games 2011. Saat itu Indonesia bakal menjadi tuan rumah di kedua kegiatan olahraga itu. Ajang Pra-Piala Dunia 2014 juga masuk dalam agenda timnas.

Dana itu betul-betul diharapkan bisa digunakan PSSI untuk melakukan proses pembinaan. Karena, selain pendapatan ini, PSSI juga telah mengantongi dana segar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 20 miliar setiap tahunnya. (tempointeraktif.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*