PSSI Sumut Terancam Tanpa Suara

MEDAN – Pengprov PSSI Sumut terancam tidak diundang yang secara otomatis tidak memiliki hak suara pada Kongres PSSI yang akan memilih Ketua Umum PSSI pada periode 2011-2015 yang dijadwalkan berlangsung 20 Mei mendatang.

Ketua Komite Normalisasi Sepakbola Nasional, Agum Gumelar, pada Kongres PSSI di Hotel Sultan Jakarta beberapa pekan lalu sudah meminta PSSI Sumut melaksanakan agenda Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) sebelum 29 April 2011. Bilamana tidak dilaksanakan, PSSI Sumut tidak akan diundang pada Kongres PSSI sekaligus tidak memiliki hak suara.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Pengcab PSSI Medan, Drs HM Darwin Syamsul, yang hadir dalam kongres sebagai peninjau, membenarkan hal itu. Kepada wartawan baru-baru ini, Darwin menyebutkan PSSI Medan sudah melayangkan surat kepada Agum Gumelar yang berisikan permohonan untuk Musorprovlub PSSI Sumut.

Dalam surat bernomor 086/PSSI-Medan/IV/2011 tertanggal 8 April 2011, turut menyebutkan terjadi dualisme kepemimpinan PSSI Sumut. Setelah wafatnya Ketua PSSI Sumut Drs H Risuddin MSi pada 20 November 2010, telah ditunjuk dua pelaksana tugas melalui dua surat berbeda.

Dijelaskan, Dr HM Nur Rasyid Lubis (Wakil Ketua III Bidang Kompetisi, Status dan Ahli Status) ditunjuk melalui surat bernomor 47/PGD/08/1-11 tertanggal 13 Januari 2011 perihal pengangkatan Plt Ketua PSSI Sumut yang ditandatangani Sekjen PSSI Nugraha Besoes.

Pada 28 Februari 2011, keluar SK PSSI bernomor SKEP/17/NH/II/2011 yang ditandatangani Nurdin Halid perihal pengangkatan Idrus Djunaidi sebagai Plt Ketua Umum PSSI Sumut. Namun, lanjutnya, Idrus bukan termasuk unsur pengurus PSSI Sumut berdasarkan SK PSSI bernomor SKEP/09/NH/II/2010 tertanggal 2 Februari 2011.

Baca Juga :  Sengketa Lahan Dolok Sinumba - Warga & PTPN IV Bentrok

“Kepengurusan PSSI Sumut sudah terjadi dualisme kepengurusan yang berakibat segala kebijakan terhadap Pengcab PSSI kabupaten/kota se-Sumut serta persepakbolaan di daerah ini tidak kondusif,” katanya.

Untuk itulah, PSSI Medan menilai perlu adanya kebijakan untuk menata ulang kepengurusan PSSI Sumut melalui mekanisme yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Dengan begitu, perlu segera digelar Musorprovlub sehingga dapat memunculkan ketua umum yang definitif.

Sumber: waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*