PT AR Serahkan Puskesmas Rawat Inap ke Pemkab Tapsel

Tapsel. Tambang Emas Martabe melakukan serah terima bangunan Puskesmas Rawat Inap kepada Pemkab Tapsel. Acara serahterima itu dilengkapi dengan penandatangan prasasti di lapangan parkir Puskesmas dihadiri manajemen Tambang Emas Martabe, Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu, Muspida Kabupaten Tapsel, Muspika Kecamatan Batangtoru dan Muspika Kecamatan Muara Batangtoru. Puskesmas Rawat Inap dibangun sejak akhir Nopember 2014. Pada 28 Nopember 2014, peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Puskemas Rawat Inap dilakukan Bupati Tapsel yang saat itu itu diwakili Aswin Siregar, Sekretaris Daerah Pemkab Tapsel.

Dibangunnya Puskesmas Rawat Inap ini merupakan tindaklanjut dari perubahan Nota Kesepahaman Bersama antara Tambang Emas Martabe dan sembilan kepala Desa/Lurah Kecamatan Muara Batangtoru yang ditandatangani tanggal 13 Agustus 2013.

Dibangun di atas lahan seluas 1.460 meter persegi dengan biaya 3,9 miliar rupiah, Puskesmas Rawat Inap terdiri dari beberapa ruangan yang diperuntukkan bagi keperluan, antara lain, Ruang Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), Ruang Pusat Informasi Kesehatan Wanita (PIKW), Ruang Rawat Peria, Ruang Rawat VIP, Ruang Rawat Komunal/Bangsal, Ruang Rawat Anak, Ruang Rawat Wanita dan lainnya.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Puskesmas Rawat Inap juga dilengkapi dengan satu buah mobil ambulans merek New Ford Ranger 4 x 4. Mobil Ambulan ini merupakan bantuan dari tambang emas martabe dan telah diserahkan kepada Puskesmas Batangtoru pada 22 April 2014. Selain Puskesmas Batangtoru, Mobil Ambulans ini digunakan juga keperluan pelayanan kesehatan dari puskesmas Muara Batangtoru, Puskemasmas Marancar dan Puskemas Angkola Sangkunur.

Baca Juga :  Hari Pemilukada Sidimpuan, Pemko Tetapkan sebagai Hari Libur

Stevi Thomas, Deputi General Manager General Affairs Tambang Emas Martabe mengatakan, masalah kesehatan masyarakat di sekitar kegiatan operasional penambangan menjadi perhatian utama Tambang Emas Martabe. Kesejahteraan dan tumbuhnya kegiatan perekonomian masyarakat tidak akan tercapai tanpa ditunjang oleh kesehatan masyarakat.

“Dengan dibangunnya Puskesmas Rawat Inap ini, kami berharap pelayanan dan fasilitas kesehatan yang memadai untuk masyarakat dapat terpenuhi,” katanya. Tim Duffy, Direktur Operasional Tambang Emas Martabe menyambut baik selesainya pembangunan Puskesmas Rawat Inap yang terletak di Kelurahan Aek Pining.

Pihaknya berharap, kerjasama yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu secara berkelanjutan.

Kami berharap berbagai fasilitas pendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat yang telah disediakan tambang dapat dimanfaatkan, dikelola dan dirawat dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan, Dr Fahmi Ritonga mengaku salut dan bangga atas berdirinya Puskemas di Aek Pining ini. “Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Bangunan Puskesmas Rawat Inap ini luar biasa, bangunan Puskemas ini terbesar dan terbaik yang saya ketahui,” katanya.


IKHWAN NASUTION – MedanBisnis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*