PT Mosase Harus Prioritaskan Putra Daerah Sebagai Pekerja di Tambang Minyak

Foto: Illustrasi

Sabtu, 19 Desember 2009 – www.metrosiantar.com

PALAS-METRO; PT Mosase bergerak di bidang pertambangan yang saat ini sedang melakukan operasi tahapan eksplorasi minyak di Kecamatan Barumun Tengah (Barteng) dan Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas (Palas) harus lebih memperioritaskan putra daerah Palas sebagai pekerja dalam proyek galian penambangan minyak tersebut.

“Pemerintah harus mengawasi betul tahapan pelaksanaan eksplorasi tambang minyak tersebut, terlebih-lebih dalam penempatan pekerja karyawan proyek lapangan, jangan seperti yang lalu-lalu, di mana orang luar Palas mendominasi karyawan pekerja di sejumlah perusahaan di Palas,” ujar Pemerhati Kebijakan Pemerintah, Aswin Kurnia Hasibuan kepada METRO, Jumat (18/12) kemarin.

Lebih lanjut dijelaskannya, galian minyak yang ada di Barteng dan Huristak dalam hasil penelitian pihak Pertambangan Pusat memiliki ribuan ton liter jumlahnya, jika dilakukan tahapan operasi eksplorasinya dengan serius, bukan malah terjadi eksploitasi besar-besaran ke daerah lain.

“Jadi harus dipikirkan secara matang, agar tidak menimbulkan polemik di tengah-tengah masyarakat. Karena saat ini kehadiran PT Mosase di Palas sangat disenangi oleh masyarakat, terutama menigkatkan daya beli ekonomi di tengah-tengah masyarakat dan tempat hunian berupa rumah-rumah yang saat ini tercatat ada 10 unit rumah di sewa oleh PT Mosase selama 1 tahun di wilayah Kecamatan Barteng dan Huristak dengan harga Rp30 juta per tahun pe runit yang sebelumnya hanya Rp2 juta per tahun,” sebut Aswin.

Baca Juga :  SDN 101140 Sungai Durian Butuh Ruangan Baru

Ditambahkannya, cita-cita pemekaran adalah mengurangi angka pengangguran dengan memberikan peluang kerja seluas-luasnya kepada generasi muda Palas untuk mengantisipasi terjadinya pengangguran besar-besaran.

“Jadi, putra daerah harus diprioritaskan, agar proyek penggalian minyak bersinergis dengan apa yang menjadi cita-cita masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu untuk diketahui, informasi yang dihimpun METRO beberapa hari lalu dari Kabid Tenaga Kerja (Naker) Disdukcapil Nakertrans Kabupaten Palas, Drs Muallim Siregar menyebutkan pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak PT Mosase dalam penyusunan tenaga kerja yang digunakan.

“Sedang dalam tahapan koordinasi, karena masih baru belum masuk tahapan kontruksi, kita upayakan agar putra daerah diprioritaskan,” pungkasnya singkat. (amr)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Kayaknya… dibilang hanya di upayakan yah… mudah-mudahan saja benar … sehingga ndak banyak lagi pengangguran… di daerah ini… semoga….!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*