Publikasi Internet Buka Peluang Jasa Skripsi

Jasa pembuatan skripsi jadi marak sejak salah satu perguruan tinggi terkemuka membuka akses perpustakaan digitalnya ke masyarakat luas. Saat itu, semua skripsi dan hasil karya ilmiah dipublikasikan secara terbuka di internet.

“Dulu sempat ada kampus yang membuka secara luas perpustakaan digitalnya. Semua skripsi dan karya ilmiahnya dipublikasikan secara utuh. Ternyata malah membuka peluang jasa pembuatan skripsi,” kata Gede Karya, Kepala Biro Teknologi Informasi Universitas Parahyangan (Unpar), kepada detikINET akhir pekan ini di Bandung.

Seharusnya, lanjut Gede, karya ilmiah jangan dipublikasikan seluruhnya. Hal ini untuk menghindari efek negatif yang bisa ditimbulkan. Walaupun publikasi tersebut merupakan salah satu upaya kampus sebagai institusi pendidikan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. Harus ada strategi khusus untuk mengaturnya.

“Misalnya, abstrak saja dipublikasikan penuh tapi isinya harus by request. Sehingga jelas siapa yang memanfaatkan karya ilmiah tersebut. Strategi itu yang penting dalam publikasi. Tidak hanya mengejar banyak-banyakan, tapi kualitas juga harus dijaga,” tegasnya.

Unpar sendiri saat ini tengah menggodok untuk publikasi karya ilmiah di lingkungan kampusnya. “Kami ingin hati-hati. Harapannya, pertengahan tahun depan sudah ada hasil yang signifikan,” tukasnya.

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/08/22/144917/1425265/398/publikasi-internet-buka-peluang-jasa-skripsi/?i991101105

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Intel Siap "Cerdaskan" Jam Tangan dan Kacamata

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*