PUD Usulkan Dana Pengaspalan Jalan Sihoringkoring

P Sidimpuan. Pekerjaan Umum Daerah (PUD) Kota Padangsidimpuan sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar dialokasikan anggaran untuk pengaspalan hotmix jalan tersebut melalui APBN Murni. Diharapkan pada tahun anggaran 2016 pemerintah pusat mengalokasikan anggarannya.

“Pemko Padangsidimpuan sudah mengajukan permohonan alokasi dana untuk pengaspalan jalan Sihoringkoring ke pemerintah pusat sebesar Rp 1 miliar tahun 2015 ini, karena keterbatasan dana APBD. Harapan mendapat respon yang memadai,” ujar pelaksana tugas Kepala Dinas PUD Kota Padangsidimpuan Ir H Abdul Rahim Nasution disela-sela pembahasan Perubahan APBD Pemko Padangsidimpuan TA 2015, Kamis (8/10).

Abdul Rahim mengatakan kerusakan ruas jalan Sihoringkoring yang menghubungkan Kecamatan Padangsidimpuan Utara dengan Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua disebabkan kendaraan bertonase berat. Sehingga daya dukung dan daya tahan badan jalan tidak mampu menahan beban berat yang ditimbulkan kendaraan berat tersebut.

“Memang jalan tersebut pernah kita aspal sekira tiga tahun lalu, namun cepat rusak karena dilalui truk bertonase 20 ton, sementara kapasitas jalan kelas IV yang hanya mampu menahan beban 10 ton ke bawah,” jelas Abdul Rahim.

Sejak adanya kerusakan jalan tersebut, kata Rahim pihaknya mengusulkan supaya dibuat portal agar jangan lagi dilalui kendaraan bertonase 20 ton ke atas. Namun, katanya, portal itupun dipatahkan orang yang tidak bertanggungajwab hingga badan jalan semakin hancur.

“Perencanaan dan penelitian kelayakan pengaspalan jalan sudah sesuai standard, namun kerusakan jalan akibat kendaraan bertonase berat,” katanya.

Baca Juga :  Masa Jabatan Ongku/Aldinz Berakhir 12 Agustus 2010

Pantauan MedanBisnis, Kamis (8/10) lapisan aspal tidak terlihat ada lagi di badan jalan, yang tersisa hanyalah batuan dan pasir onderlak (lapisan penetrasi bawah). Kondisi seperti itu terlihat dari pangkal jembatan menuju simpang jalan ke Batunadua sepanjang sekira 500 meter dengan lebar 8 meter.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*