Pulau Nias Akan dijadikan Kawasan Wisata Nasional

Gunungsitoli,  Untuk pecepatan pembangunan Pulau Nias, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menjadikan Pulau Nias sebagai salah satu kawasan wisata nasional.

“Jika perlu Pulau Nias harus bisa melebihi Pulau Bali,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, dalam sambutanya pada acara ramah tamah antara pemeritah kabupaten/kota se Pulau Nias bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Pendopo Bupati Nias, Selasa (17/6).

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengharapkan keseriusan pemerintah daerah yang ada di Pulau Nias, serta dukungan dari masyarakat.

Selain itu, menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nias memiliki aneka kekayaan wisata, budaya  dan adat istiadat yang cukup banyak.

Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM yang mewakili kepala daerah se Kepuluan Nias mengatakan, pemerintah daerah yang ada di Pulau Nias menyambut baik atas kehadiran Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Pulau Nias, serta berkomitmen serta memberi garansi keamanan dan kemudahan bagi setiap investor yang masuk ke Pulau Nias.

Turut hadir pada kesempatan itu, Walikota Gunungsitoli, Drs Martinus Lase, MSP, Bupati Nias Barat AA Gulo, Bupati Nias Utara Edwar Zega.

Dalam komitmen pengembangan industri pariwisata berbasis masyarakat tersebut Kemenparekraf telah melaksanakan Lokakarya selama 2 hari dari tanggal 17-18 Juni 2014 di Kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka Gunungsitoli Selatan yang  melibatkan lima kepala daerah di Kepulauan Nias.

Baca Juga :  Bandara Silangit Tapanuli Utara Siap Didarati Pesawat Tipe ATR-72

Ditengah pembukaan lokakarya itu juga dilaksanakan penandatangan nota kesepahaman (MoU) tentang pengembangan pariwisata di Piulau Nias meliputi, kerja sama sinergis di bidang kepariwisataan yang terintegrasi antar-kabupaten dan kota. Kerjasama pembangunan kepariwisataan meliputi aspek perencanaan, destinasi, daya tarik wisata, pengembangan sumber daya manusia dan promosi pariwisata.

Selanjutnya kerja sama pembangunan kepariwisataan  secara teknis dituangkan dalam rencana aksi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari nota kesepahaman kerja sama ini, yang dalam pelaksanaannya difasilitasi Forum Kepala Daerah Kepulauan Nias.

Kemudian mendorong Kepulauan Nias menjadi kawasan strategis pariwisata nasional, dan tumbuhnya destinasi tujuan wisata nasional serta mendorong terlaksananya penyelenggaraan agenda internasional dan agenda lokal secara periodik di Kepulauan Nias yang dimulai pada 2015.

Selain lokakarya Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar bersama kepala Daerah se Kepuluan Nias menyempatkan berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang ada di Pulau Nias di antaranya rumah adat di Desa Tumori Kecamatan Gunungsitoli Barat, Pantai Hoya Di Kecamatan Gunungsitoli Utara, Museum Pusaka Nias di Kecamatan Gunungsitoli serta ke Kabupaten Nias Selatan. (kap)/(Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*