Puluhan Tahun Rusak Akhirnya Jalan SM Raja Diperbaiki

tl2un Puluhan Tahun Rusak Akhirnya Jalan SM Raja Diperbaiki
[Foto: Parningotan Aritonang]
Perbaikan Jalan SM Raja Tanggal-Sitamiang sepanjang 3 km, Jumat (19/4).
SIDIMPUAN – Setelah puluhan tahun rusak, Jalan SM Raja Tanggal menuju Sitamiang, Kota Padangsidimpuan (Psp), akhirnya Jumat (19/4) diperbaiki. Kerusakan jalan ini selalu menjadi persoalan bagi warga disebabkan debu beterbangan setiap cuaca panas, dan seperti kubangan kerbau saat musim hujan.

Pantauan METRO, Jumat (19/4) terlihat tiga unit alat berat termasuk eskavator dan sejumlah truk, sibuk bekerja mengeruk jalan tersebut. Seorang warga Sitamiang Karmen Pane menuturkan, dia merasa sangat senang dengan diperbaikinya Jalan SM Raja tersebut.

“Sudah lama kami menunggu perbaikan jalan ini, dan baru hari ini terealisasi, dan mudah-mudahan jalan ini nanti seperti jalan tol,” ujarnya sambil bercanda. Menurutnya kerusakan jalan tersebut sering kali menghambat transportasi dan parahnya lagi juga pernah ada warga yang celaka karena menghindari lubang dan jatuh dari kendaraan yang dinaikinya.

Kontraktor pengerjaan jalan Eko Wahyu, kepada METRO mengatakan, pengerjaan jalan akan berlangsung dari pagi hingga sore selama 120 hari ke depan, dan jalan sepanjang 3 kilometer ini tidak sepenuhnya dikeruk, hanya pada titik-titik tertentu saja. Pengerjaannya sudah dilakukan beberapa hari belakangan ini.

“Perbaikan ini tidak sepenuhnya dikeruk, hanya saja akan dikeruk pada titik yang visual saja,” sebut Eko. Eko juga mengatakan selain perbaikan jalan yang dananya bersumber dari APBN tersebut juga akan dilakukan perbaikan sistem drainase, sebab diakuinya sistem drainasenya juga perelu diperbaiki agar jalan tidak mudah rusak seperti selama ini ketika hujan air meluap ke badan jalan, sehingga gampang merusak jalan.

Baca Juga :  Didiuga Asusila, Ketua KPU Paluta Dilaporkan ke Polres Tapsel

Selain itu Eko menyebutkan jalan akan diperlebar berkisar 6 meter, dimana keadaan lebar jalan saat ini 4,5 Meter. Lalu Jalan SM Raja di Tanggal ini juga akan ditambah ketinggian badan jalan berkisar setengah meter.

“Jalan yang di Tanggal rencana kita akan naikkan sekitar setengah meter,” terangnya. (tan/mer)

SUmber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*