“Puskesmas Menjerit”, Dana Kapitasi BPJS Padang Lawas Dipotong Dinkes

PADANG LAWAS | Dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS di Kabupaten Padang Lawas (PALAS) mengalami pemotongan yang fantastis hingga mencapai angka 10% dari dana yang di terima oleh puskesmas.
Pemotongan dana ini diperkirakan terjadi di seluruh Puskesmas yang ada di Palas dengan Dalih untuk biaya administrasi dan Keamanan bersama.

Terkuaknya masalah ini berdasarkan informasi yang diperoleh Media IndoOne dari beberapa orang Kepala Puskesmas (KAPUS) di Palas. seperti  pengakuan salah seorang KAPUS menyebutkan,”Kami merasa kesulitan untuk mengatur anggaran BPJS,karena dipotong 10% oleh Dinkes,dengan alasan biaya administrasi dan Lain-lain,kalau Puskesmas tidak mau nyetor dana BPJS tidak bisa di cairkan karna pencairan nya kan butuh Tanda Tangan Kadis”. ungkap salah seorang kepala Puskesmas yang enggan disebutkan namanya kepada IndoOne, Kamis (01/15).
Menurut nya Dinkes Palas telah mengangkangi Peraturan Presiden (Perpres) No.32/2014 tentang Kapitasi Dana JKN/BPJS Kesehatan.
Faktanya, dana kapitasi JKN BPJS Kesehatan untuk Puskesmas tetap di Potong” Tambah nya lagi.

Ketua LSM GEMrAK,M edi R Tasosa sangat kecewa adanya  Pemotongan ini,dia mengatakan “Seharus nya Puskesmas menerima Dana ini 100% tanpa ada pemotongan karna dana kapitasi yang merupakan hak mutlak mereka, janganlah dijadikan sebagai ajang memperkaya diri sendiri” ungkapnya dengan nada kesal.
Dia juga mengatakan akan mengusut permasalahan ini jika memang benar terbukti melakukan pemotongan maka akan dilaporkan kepada Pihak yang bersangkutan.

Baca Juga :  Hajar Brescia, Milan Kokoh di Puncak

Disisi lain Kepala Dinas kesehatan , Leli Ramayulis,saat hendak ditemui Media IndoOne  di kantornya tidak masuk  dan saat di Konfirmasi lewat Selular Tidak menjawab,hal ini diduga hanya  untuk melabui kejaran wartawan.


Hasnul HD – AKS

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*