PWI Tabagsel Gelar Rapat Persiapan Workshop Jurnalistik

Padangsidimpuan,  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) menggelar rapat persiapan workshop pengenalan jurnalistik terhadap dunia pendidikan dikantor PWI Tabagsel, jalan SM Raja Kota Padangsidimpuan, Minggu (14/12).

Rapat persiapan itu dihadiri Ketua PWI Tabagsel Hairul Iman Hasibuan, S.Hi diikuti unsur panitia masing-masing Sukri Falah Harahap (ketua), Kodir Pohan (sekretaris), Mohot Lubis (bendahara) para seksi-seksi Ikhwan Nasution, Riswandy, Laidin Pohan, Balyan Kadir, Sarliman Manurung, Hadiansyah dan RT Sitompul.

Dalam amanatnya, Ketua PWI Tabagsel, Hairul Imam Hasibuan, S.Hi mengatakan, keberadaan jurnalistik di wilayah kerja PWI Tabagsel saat ini telah menghadapi problematika dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Disatu sisi pers sangat dibutuhkan sebagai alat sosial kontrol, namun disatu sisi lainnya pers banyak dianggap kalangan sebagai momok bagi masyarakat. Atas kondisi itu kata Hairul Iman, PWI sebagai organisasi pers terbesar dan tertua di Indonesia merasa terpanggil untuk memberikan pencerahan bagaimana sesungguhnya pers yang sehat sebagai mitra kerja dari pemerintah.

“Jika seorang wartawan menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional dan kalangan pelaku dunia pendidikan memahami hal itu maka problematikan itu sendiri tidak akan muncul, “ jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat berdampak positif bagi kemanjuan dunia pendidikan di wilayah Tabagsel, khususnya di Kabupaten Tapsel.

“Sebab pers yang sehat sebagai alat sosial kontrol terhadap pemerintah sekaligus sebagai corong dalam dunia komunikasi harus mampu menjaga integritas, independensi dan idealisme, “ terangnya.

Baca Juga :  Ironis...! Jaringan Melintas di Atas Rumah - Tapi Bulu Payung Belum Ada Listrik

Sementara itu, ketua panitia Sukri Falah Harahap menyatakan, walaupun waktu yang cukup mepet, namun panitia yang terbentuk telah siap untuk menggelar workshop.

“Workshop pengenalan jurnalistik di kalangan pendidik ini merupakan yang petama kali dilaksanakan PWI di Kabupaten Tapsel, “ ujarnya.

Disebutkan, kegiatan akan di laksanakan pada Sabtu 27 Desember 2014 di dua zona yakni, zona I di Sipirok dengan mengambil tempat di Tor Sibohi Sipirok dan Zona II di Batang Angkola dengan mengambil tempat di aula Ponpes Baharudin Batang Angkola. Dengan mengambil thema “ Pers Sehat, Dunia Penididkan Berdaulat “, workshop akan diikuti 400 kalangan pendidik tingkat SD, SMP, SMA, SMK negeri dan swasta se- Tapsel.

Menghadirkan pemateri dari PWI Cabang Sumut yakni Ketua PWI Cabang Sumut M.Syahrir dan Penasehat PWI Sumut H. Sjamsuar Djamil, SH.

“Kegiatan ini sendiri merupakan bentuk kerja sama PWI Tabagsel dengan Pemkab Tapsel melalui Dinas Pendidikan Tapsel, “ ujar Falah.

Terpisah, Kadis Pendidikan Tapsel Drs. Ahmad Bukhori Siregar, MM menyambut baik kegiatan ini.

“Workshop pengenalan jurnalistik kepada kalangan pendidik ini sangat positif dan sangat bermanfat bagi kalangan pendidik untuk memahami tugas jurnalistik yang profesional, “ katanya. (hih)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kasus Dugaan Manipulasi Dana PS Sidimpuan Rp2,7 M - Tersangka Segera Ditetapk

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*