Rahmat Warga Mandailing Natal, yang Memijat dengan Kaki

www.liputan6.com

Rahmat, pemijat dengan menggunakan kaki.

Mandailing: Cacat yang dibawa sejak lahir ternyata tidak menghalangi seorang warga Mandailing Natal, Sumatra Utara, membantu sesama. Rahmat atau biasa disapa Pak Rata memang tidak memiliki tangan. Sejak dilahirkan 39 tahun lalu, ia harus menerima segala kekurangannya. Namun, siapa sangka dengan keterbatasan itu ia ternyata mampu mengobati berbagai jenis penyakit, seperti rematik.

Cara pengobatan yang dilakukan Rahmat tergolong unik. Dia menggunakan kakinya sebagai tangan untuk mengurut bagian-bagian yang dianggapnya harus diberikan terapi. Untuk menyiapkan obatnya pun Rahmat meracik sendiri. Mengupas pinang dan menggilingnya dilakukan dengan kedua kakinya.

Di tengah aktivitasnya memberikan pengobatan, Rahmat kerap memperjuangkan hak-hak penyandang cacat di Mandailing Natal. Namun, dia menyesalkan tidak adanya perhatian pemerintah terhadap para penyandang cacat di kabupaten ini.(ADO)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*