Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz Wafat, Takhta Diwariskan ke Adiknya

Raja Arab Saudi Abdullah – REUTERS/Zainal Abd Halim

RIYADH, Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz meninggal pada Jumat (23/1/2015) dini hari waktu setempat dan digantikan oleh Putra Mahkota Pangeran Salman yang tak lain adalah adiknya sendiri.

Demikian pengumuman pihak istana kerajaan itu dalam sebuah pernyataan. Adik tirinya, yaitu Pangeran Moqren, diangkat menjadi putra mahkota, lanjut pernyataan tersebut.

Raja Abdullah, diyakini berusia sekitar 90 tahun, dirawat di rumah sakit Desember lalu karena menderita pneumonia dan telah bernapas dengan menggunakan alat bantu.

Raja meninggal pada Jumat pukul 01.00 atau pukul 05.00 WIB dan dimakamkan setelah shalat Jumat.

Adik tiri Abdullah, Pangeran Salman (79 tahun), diangkat menjadi putra mahkota pada Juni 2012 setelah kematian Pangeran Nayef bin Abdulaziz. Salman sudah sering mewakili raja dalam acara-acara publik baru-baru ini karena kesehatan raja yang buruk.

Abdullah yang diperkirakan lahir di Riyadh tahun 1924 merupakan salah satu dari 12 putra Raja Abdulaziz al Saud. Seperti seluruh putra Abdulaziz, Abdullah hanya menyelesaikan pendidikan dasar. Dia terpilih menjadi putra mahkota tahun 1982 setelah kakak tirinya, Fahd, naik takhta. Abdullah menjadi penguasa de facto di Arab Saudi tahun 1995 setelah Raja Fahd terserang stroke.

Raja Abdullah meninggalkan lebih dari 30 anak dan lebih dari 10 istri.

/Berbagai Sumber

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  15 Iklan Terbaik 2013 yang Akan Membuat Anda Menontonnya Lagi Dan Lagi ....

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*