Rajin Berdiri Juga Bikin Wajah Awet Muda Lho

Jakarta, Memiliki wajah awet muda adalah impian setiap orang. Berbagai cara pun sering dilakukan agar wajah awet muda bisa didapat, mulai dari perawatan dokter hingga olahraga teratur setiap hari.

Namun, tahukah Anda jika berdiri pun bisa menjadi salah satu teknik terbaik untuk tetap awet muda? Ya, menurut studi, teknik terbaik untuk tetap memiliki wajah awet muda adalah berdiri. Sebab menghabiskan waktu lebih banyak dengan bertumpu di atas dua kaki dapat membantu melindungi DNA.

Studi menemukan jika Anda terlalu banyak duduk akan memendekkan telomere, yaitu pelindung yang terdapat pada ujung kromosom. Telomere yang pendek berhubungan dengan usia prematur serta penyakit dan kematian dini. Jadi, menghabiskan sedikit waktu di sofa dapat melindungi Anda untuk hidup lebih lama dengan mencegah penuaan pada DNA.

Peneliti menemukan orang yang secara rutin berdiri memiliki telomere lebih panjang dan akan menjaga kode genetik menjadi susut. Yang menarik dari penelitian ini adalah ternyata olahraga secara rutin tidak memberikan dampak pada panjangnya telomere.

Prof Mai-Lis Hellenius dari Karolinska Univeristy Hospital, Stockholm mengatakan jika di banyak negara olahraga memang rutin dijalankan, tapi di waktu bersamaan orang-orang di negara tersebut juga menghabiskan banyak waktu untuk duduk.

“Untuk itu perhatian harus dikembangkan, tidak hanya pada rendahnya aktivitas fisik, tapi juga duduk dan beberapa perilaku pada masalah kesehatan saat ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Kontroversial, Suplemen ASI untuk Binaraga Sudah Populer Sejak 2000-an

Peneliti melihat 49 orang dewasa yang kelebihan berat badan di usia 60-an dan mendata telomere pada sel darah mereka. Setangah dari mereka telah menjalani program olahraga selama enam bulan, dan setengahnya tidak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal ini menemukan bahwa walaupun seseorang melakukan olahraga untuk bisa memperpanjang usia, faktor yang paling penting adalah berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk duduk.

Ilmuwan menemukan semakin sedikit seseorang duduk, semakin panjang telomere mereka, dan semakin besar kesempatan untuk hidup lebih lama. Selain berdiri, hal utama yang harus Anda ingat agar tetap awet muda adalah selalu merasa senang dan jangan sering merasa stres

“Jalani saja hidup ini dengan sebaik-baiknya. Bersyukur dan bersabar adalah dua kunci kebahagiaan hidup kita dan jangan terlalu sering stres,” tutur Kholis Abdurachim Audah, PhD, kepada detikHealth dan ditulis pada Jumat (5/9/2014).

Sumber: detikHealth

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*