Ratusan Karya Picasso Ditemukan di Prancis

Paris: Lebih dari 270 karya seniman besar Pablo Picasso yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan di rumah pasangan suami-istri pensiunan di Prancis. Seperti dilansir CNN, Selasa (30/11), pasangan ini dituduh secara tidak sah menyembunyikan karya tersebut dari pewaris sah Picasso.

Dalam situasi yang mencurigakan, seorang pria tua bernama Pierre Le Guennec (71) telah membantah gugatan menyembunyikan barang curian yang diajukan oleh anak seniman itu, Claude Picasso, dan lima ahli waris lainnya. Mereka mengatakan karya-karya itu telah dicuri. Gugatan ini pertama kali dilaporkan kemarin oleh surat kabar Pembebasan Prancis.

Karya-karya, termasuk koleksi kolase cubist, gambar, litograf, notebook dan cat air, ini terungkap pada bulan Januari silam ketika Le Guennec dihubungi pihak Picasso melalui surat untuk meminta sertifikasi keaslian karya tersebut. Seiring dengan suratnya, Le Guennec juga melampirkan 26 foto karya Picasso yang sudah diterbitkan sebelumnya.

Dia juga mengirim foto-foto karya lainnya yang diklaim miliknya pada Maret dan April silam, sebelum melakukan perjalanan dari rumahnya di bagian selatan Prancis menuju kantor pemerintahan Picasso di Paris. Le Guennec membawa semua 271 karya-karya tersebut.

Le Guennec, mantan ahli listrik yang pernah bekerja buat Picasso, terus berkeras semua itu adalah hadiah dari artis itu sendiri dan istrinya. Bahkan, Picasso Administration juga sudah mengonfirmasi semua karya tersebut asli. Kini, semua karya itu dikuasai oleh French Central Office of Fight Against Traffcking of Cultural Property (OCBC) dan kasus tersebut sedang diselidiki. (liputan6.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Di Sudan, Mahasiswa Tentang Pemerintah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*