Ratusan Sepedamotor Konvoi Bagi-bagi Stiker Patuhi Aturan Lalu-lintas

SIDIMPUAN-Ratusan sepedamotor di Tapanuli Selatan konvoi sambil membagi-bagikan stiket patuhi aturan lalu-lintas, Minggu (20/11). Aksi ini merupakan rangkaian acara  peduli keselamatan lalu-lintas sekaligus sosialisasi UU No 22 tahun 2009.

Tingginya angka kecelakaan lalu-lintas (lakalantas) di jalan raya disebabkan beberapa faktor, selain infrastruktur juga masih minimnya kesadaran masyarakat dalam melaksanakan dan mematuhi peraturan lalu-lintas yang sudah ada.

Hal ini disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro dalam amanahnya yang dibacakan Kapolres Tapsel AKBP Subandriya saat menjadi inspektur upacara dalam apel besar aksi peduli keselamatan untuk membudayakan tertib berlalu-lintas di halaman Mapolres Tapsel, Jalan SM Raja, Kota Psp, Minggu (20/11) pagi.

Untuk itu, kapolres menekankan kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas khusus kepada pengguna sepedamotor untuk menyalakan lampu di siang hari. Tujuannya, menghindari lakalantas dan menggunakan helm SNI untuk keselamatan di jalan raya.

Selain itu kapolres menyampaikan, tertib berlalu-lintas untuk pengguna sepedamotor agar menggunakan lampu di siang hari dan menggunakan helm SNI sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009.

Kemudian, sambung Kapolres, di tahun 2010 lalu di wilayah kerja Poldasu jumlah laka lantas kondisi luka berat mencapai 2.905 kasus yang rata-rata dialami oleh usia produktif yaitu pelajar dan mahasiswa.

Sedangkan jumlah kecelakaan setiap tahunnya mengalami peningkatan kasus, jumlah laka pada tahun 2010 sebanyak 3.634 kasussedangkan di tahun 2011 terjadi 4.267 kasus lakalantas. Sesuai data Ditlantas Poldasu dari beberapa wilayah, dari 6.335 kenderaan terlibat kecelakaan pada periode Januari-Desember 2010 didominasi sepedamotor sebanyak 65 persen.

Baca Juga :  Di Padangsidimpuan Harga Stabil, Permintaan Beras Menurun

Ketua panitia, Kasat Lantas Polres Tapsel AKP SL Widodo menambahkan, sebagian besar korban lalin di wilayah hukum Polres Tapsel adalah karena tidak taatnya masyarakat dalam mematuhi aturan berlalulintas di jalan raya. (phn)

 

metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*