Redam Konflik Tanah-Seluruh Lahan Ditinjau Ulang

16130041a4233b98efbdb17f665246ef8a4877f3 Redam Konflik Tanah Seluruh Lahan Ditinjau Ulang
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro

PADANGSIDIMPUANKepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro meminta kepala daerah se-Sumut untuk membantu mengurangi sengketa lahan yang ada di wilayah masingmasing.

“Peran kepala daerah dalam mengantisipasi sengketa lahan sangat vital, mengingat kepala daerah mempunyai kebijakan tersendiri dan penguasa di daerahnya masing-masing,” kata dia ketika menghadiri acara peresmian masjid di Komplek Sitataring, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan,Selasa (22/5).

Menurutnya, banyak kejadian- kejadian sengketa lahan disebabkan kepala daerah tidak bisa melakukan tindakan- tindakan antisipasi sengketa. Lebih lanjut dia mengatakan, seluruh lahan yang ada di daerah harus dilakukan peninjauan ulang, sehingga potensi konflik bisa dikurangi. “Cara seperti itu akan dapat mengurangi potensi konflik,” ujarnya. Dia mengatakan, untuk mengatasi permasalahan lahan di Sumut, Kapolda sudah mengadakan pertemuan dengan seluruh kepala daerah.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Padanglawas Ali Sutan Harahap mengaku siap melaksanakan saran yang diajukan oleh Kapolda Sumut. Menurutnya, seluruh daerah mempunyai potensi konflik lahan, karena banyak yang saling mengklaim. “Kami siap untuk dilakukan peninjauan ulang. Pada dasarnya,untuk kebaikan saya siap untuk melakukannya,” ujarnya. ??zia ulhaq.

sumber : www.seputar-indonesia.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Unggul di Sejumlah Quick Count, Jokowi Disambut Meriah Pendukungnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*