Rekomendasi RDP DPRD Sumut tak diindahkan PT SRL

MEDAN – PT Sumatera Riang Lestari (SRL) masih melakukan penyerobotan tanah Warga DesaTobing Tinggi, Desa Hadungdung Pintu Padang, dan Desa Hadungdung Aek Rampah, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas).

“Sabtu (13.10) sekitar pukul 09:00 pekerja PT SRL kembali ke lahan masyarakat yang berada disekitar rumah-rumah yang dibakar oleh Pengamanan Swakarsa PT SRL pada Mei lalu,” kata Sugianto selaku pendamping petani Paluta kepada Waspada Online, hari ini.

Sugianto menambahkan sudah beberapa bulan (Juli-red) rekomansi yang dikeluarkaan Komisi A DPRD Sumut yakni petani mendapat keamanan selama menggarap tanah. Namun, nyatanya petani masih sering mendapatklan intimidasi dari pihak PT SRL.

“Pihak PT SRL tidak patuh terhadap instansi pemerintah, sama sekali tidak ada tindakan yang jelas dari pemerintahan,” tegasnya.

Menurut Ketua Persatuan Perjuangan Indonesia (PPI) Sumut, Irawanto bahwa penyerobotan lahan yang tetap dilakukan PT SRL membukti bahwa rekomendasi dari RDP di DPRD Sumut tidak pernah diindahkan oleh pihak PT SRL.

“PT SRL tidak menghargai rekomendasi dari perwakilan rakyat sendiri. Jadi kemana rakyat harus mengadu?. Kalau begini lebih baik izin PT SRL dicabut saja,” tegasnya.

Selain pihak PT SRL, lanjut Irawanto, dalam hal ini instansi terkait seperti pemkab dan polres yg melakukan pembiaran terhadap penyerobotan itu telah pula terang-terangan tidak mengindahkan rekomendasi itu, sehingga tidak melakukan tindak lanjut apapun di lapangan.

Baca Juga :  Polisi di Sumut jalani tes urine dan teken deklarasi siap dipecat

“Sebenarnya sikap ini tidak mengejutkan karena sejak awal pemkab dan polres telah terang-terangan menjadi tameng yang melindungi PT SRL dan menyengsarakan petani penggarap di lahan tersebut,” tegasnya.

Dia menilai, kalau masyarakat akan semakin tidak percaya dengan intsansi pemerintahan karena antara intsansi pemerintahan saja tidak saling mempercayai dan menghormati. “Ini akan menanamkan ketidak percayaan masyarakat terhadap pemerintahan,” tegasnya.

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*