Rencana Kunjungan 9-10 November, Obama Ingin Jangkau Banyak Warga Indonesia dengan Pidato di Tempat Terbuka

Presiden AS Barack Obama

Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden AS Barack Obama akan berkunjung ke Indonesia pada 9-10 November mendatang. Salah satu agenda Obama adalah berpidato di sebuah tempat terbuka. Pejabat-pejabat AS saat ini belum memutuskan di mana Obama akan menyampaikan pidatonya itu.

Namun diyakini pidato itu akan disaksikan banyak warga Indonesia. “Itu akan menjadi kerumunan orang yang besar sebab Obama sangat populer dikarenakan biografi dan kebijakannya,” tutur Deputi Penasihat Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis, Ben Rhodes.

“Dia (Obama) ingin memiliki kesempatan untuk menjangkau lebih banyak rakyat Indonesia,” ujar Rhodes seperti dilansir situs politik Politico.com, Jumat (29/10/2010).

Dikatakan Rhodes, dalam pidatonya, Obama akan membahas kedekatan hubungan kedua negara. Obama juga bicara tentang jangkauan Amerika ke dunia muslim dan keberhasilan Indonesia sebagai negara demokrasi. Obama juga menyinggung masa kecilnya di Indonesia.

Jika jadi berpidato dalam kunjungannya nanti, itu akan menjadi pidato penting kedua Obama untuk dunia muslim. Sebelumnya Obama menyampaikan pidato untuk dunia muslim di Universitas Kairo di Mesir pada Juni 2009 lalu. Dalam pidatonya yang banyak dipuji berbagai kalangan itu, Obama menyampaikan ajakan pemerintahnya untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan negara-negara muslim.

Gedung Putih menyatakan, Obama akan berkunjung ke Indonesia pada 9 November usai melawat India. Di hari itu Obama akan mengadakan pertemuan dan konferensi pers bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga :  Kenalkan Wanita Terkaya dengan Harta Rp 1.375 Triliun

Obama juga akan berkunjung ke Masjid Istiqlal serta meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta Selatan.

Kunjungan Obama ke Indonesia merupakan bagian dari tur 10 harinya ke India, Korea Selatan dan Jepang. Obama akan bertolak meninggalkan AS pada 5 November mendatang untuk melawat India. Setelah ke Indonesia, Obama akan bertolak ke Korea Selatan pada 10 November dan kemudian ke Jepang. (detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*