Rencana Pembangunan Gedung Dewan Psp yang Baru – Ketua DPRD: Luas Minimal 1 Ha

Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan (Psp), H Aswar Syamsi SE menilai, minimal dibutuhkan satu hektare (Ha) areal pertapakan untuk rencana pembangunan gedung dewan yang baru nantinya. Sehingga, dalam kurun waktu 20 hingga 30 tahun mendatang, Pemko Psp tidak perlu lagi dipusingkan dengan kebutuhan areal ataupun kantor dewan yang lebih luas dan presentatif.

Diutarakan politisi Partai Demokrat (PD) ini, rencana pembangunan kantor dewan baru nantinya harus presentatif, bisa menampung aspirasi masyarakat yang banyak, memiliki areal parkir yang luas, dan gedung yang memungkinkan bisa digunakan 20 atau 30 tahun mendatang tanpa harus melakukan pemugaran yang banyak.

Karena, sebut Aswar, bisa saja jumlah penduduk Psp yang setiap tahun terus bertambah yang otomatis jumlah DPRD-nya juga terus bertambah. Seperti saat ini jumlah anggota DPRD sebanyak 25 orang, karena jumlah penduduk Psp di bawah 200 ribu jiwa. Namun, jika dalam beberapa tahun ke depan jumlah penduduk Psp terus bertambah, maka otomatis jumlah anggota dewan juga bertambah menjadi 30 atau 35 orang.

“Sementara gedung DPRD Psp yang ada saat ini jika dibongkar dan ditingkatkan tentu akan mubajir, karena Pemko bisa menggunakannya untuk gedung kantornya tanpa harus melakukan pemugaran atau pembongkaran,” kata Aswar kepada METRO, Selasa (12/10). Ketika ditanya tekhnis perhitungan kebutuhan dananya, Aswar menuturkan, itu diserahkan kepada Pemko sendiri. Namun harus memikirkan untuk kebutuhan jangka panjang. Oleh karena itu, bisa saja kebutuhan dana pembangunannya lebih Rp1 miliar.

Baca Juga :  Produk China Diminati Warga Padangsidimpuan

“Jangan seperti yang saat ini, ketika rapat koordinasi antar komisi atau rapat kerja komisi dengan mitra kerja, 6 orang sajapun ruangan komisi sudah sesak, apalagi lebih. Belum lagi masyarakat yang banyak datang untuk menyampaikan aspirasi. Jadi perencanaan areal dan kebutuhan dana pembangunan gedung baru harus untuk jangka panjang, 20 atau 30 tahun ke depan,” tuturnya.

Sementara, jika areal yang dibutuhkan minimal 1 hektare, melihat kondisi Kota Psp saat ini tentu jika di pusat atau inti kota sudah tidak memungkinkan. Sebab pusat kota sudah padat pemukiman dan tidak bisa mendapatkan areal seluas 1 hektare tersebut. “Kalau untuk seluas sekitar 1 hektare, yang kami lihat bisa didapatkan di Pal IV Pijorkoling (daerah perkantoran Pemko Psp saat ini, red). Daerah itu juga strategis,” ungkapnya.

Meski demikian, sebut Aswar, hal itu masih dalam tahap perencanaan dan melihat apakah anggaran pemerintah memungkinkan untuk membangun gedung DPRD Psp yang baru. “Makanya DPRD masih terus berkoordinasi dengan Pemko untuk membahas rencana tersebut,” ujarnya mengakhiri. (neo)

Sumber: http://metrosiantar.com/sidimpuan_raya_/Rencana_Pembangunan_Gedung_Dewan_Psp_yang_Baru_

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*