Rendah, kesadaran warga Sidimpuan hidup sehat

www.waspada.co.id

PADANG SIDIMPUAN – Tingkat kesadaran masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk bisa hidup sehat, masih sangat rendah. Jangankan untuk kesehatan keluarga, untuk diri sendiripun masih kurang.

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Pemko Sidimpuan, H Aminuddin, mengatakan, kurangnya kesadaran warga akan hidup sehat berakibat timbulnya beragam penyakit.

Menurut Aminuddin, ada empat faktor yang menjadi penyokong derajat kesehatan masyarakat. Yakni faktor keturunan, lingkungan, prilaku, dan pelayanan kesehatan. Penyakit juga lebih sering bersumber dari empat faktor tersebut,

“Banyak balita dari keluarga sejahtera yang kurang gizi, akibat kedua orangtuanya sibuk bekerja dan menjagakan anaknya kepada orang lain atau pembantu. Hal ini termasuk dikibatkan faktor lingkungan dan perilaku,” terangnya, tadi malam.

Mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan, kecanduan narkotika, penyakit kelamin, dan tidak membawa anak untuk mendapatkan imunisasi di Posyandu, merupakan penyebab penyakit yang ditimbulkan faktor perilaku. Penyakit gula atau diabetes termasuk diakibatkan faktor keturunan.

Kabid Promosi Kesehatan, Rosdiana, mengatakan untuk hidup sehat itu tidak terlalu susah dan hanya perlu melakukan beberapa hal yang tidak mengganggu.

“Cukup menerapkan pola hidup bersih sehat, seperti cuci tangan pakai sabun dan air setiap selesai menyentuh benda-benda berkuman. Menggunakan air bersih, menggunakan jamban dan tidak beramai-ramai ke pinggir sungai,” papar Rosdiana.

Hal senada dikatakan Kabid Pelayanan Kesehatan, Jenny Erika Purba. “Kesadaran ibu-ibu untuk datang ke Posyandu masih rendah,” katanya menyayangkan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Cemari Lingkungan, DPRD Sidimpuan Desak PT Virco Direlokasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*